suplemenGKI.com

Jumat, 8 Juli 2016.

07/07/2016

Kolose 1:3-6.

 

Buah Pengenalan Akan Kasih Karunia Allah

Pengantar:

Setiap orangtua pasti sangat senang ketika melihat perkembangan demi perkembangan terjadi pada anak-anaknya. Mulai dari perkembangan pisik: dari kecil menjadi besar, intelek: dari tidak pintar menjadi pintar, study: dari taman kanak-kanak sampai sarjana, karier: dari biasa sampai sukses.Setiap perkembanan itu pasti sangat membanggakan bagi orangtua. Itu sebabnya setiap orangtua pasti berupaya menolong agar anak-anaknya berkembang menuju pada arah yang semakin maju, semakin baik dan semakin sukses. Pada bacaan kita hari ini, Rasul Paulus menyatakan sukacita dan syukurnya ketika mendengar tentang perkembangan dan kemajuan iman jemaat Kolose, yaitu salah satu jemaat yang didirikannya. Apakah wujud sukacita dan syukur Rasul Paulus ketika mendengar perkembangan jemaat di Kolose?

Pemahaman:

  1. Apa wujud sukacita & syukur Paulus ketika mendengar perkembangan jemaat Kolose?
  2. Mengapa Rasul Paulus bersyukur atas perkembangan jemaat Kolose?
  3. Menurut Paulus, apa yang membuat jemaat Kolose menjadi berkembang imannya?

Biasanya, kebanyakan ketika seseorang mengungkapkan rasa sukacita dan syukur atas kemajuan, kesuksesan dan prestasi orang yang dikasihinya umumnya mengucapkan selamat atau memberinya hadiah, apapun bentuknya, itu baik dan tidak salah. Namun hari ini kita belajar dari Paulus, ketika dia mendengar kemajuan iman jemaat Kolose, Paulus mengungkapkan rasa syukur dan sukacitanya dengan berdoa kepada Allah, Bapa Tuhan Yesus Kristus. Berdoa berarti, selain Paulus menghayati bahwa kemajuan iman jemaat Kolose itu adalah bukan karena kehebatan manusia melainkan karena karya Kristus, juga sekaligus mengajarkan agar jemaat Kolose menghayati bahwa kemajuan iman yang dialami itu semakin dijadikan pendorong untuk menyatakan kasih Tuhan Yesus kepada semua orang.

Bagi Paulus kemajuan iman yang dialami jemaat Kolose itu telah mengantar mereka pada sebuah pengharapan yang telah disediakan di surga. Di mana pengharapan yang tersedia bagi jemaat Kolose itu adalah sebagai buah dari kebenaran Injil yang telah mereka terima.

Perkembangan iman jemaat Kolose yang kemudian berbuah dan berkembang di antara sesama mereka itu sebagai bukti betapa pentingnya proses mendengar dan mengenal Injil itu dengan baik. Mendengar dan mengenal Injil dengan baik itu menurut Paulus adalah mengalami kasih karunia Allah dengan sebenarnya, dalam arti mengalami kasih dan karunia Allah yang menyelamatkan melalui iman kepada Injil yang didengar dan dikenalnya.

Refleksi:
Renungkan, apakah kita sudah mengalami kemajuan dalam iman kepada Tuhan Yesus Kristus? Barometernya adalah kita rindu menyatakan kasih Kristus itu kepada sesama.

Tekad:
Mewujudkan kemajuan iman dengan menyatakan kasih Kristus kepada sesama secara konkret, misalnya berdoa bagi sesama seperti Paulus lakukan kepada jemaat Kolose.

Tindakan:
Senantiasa rindu untuk mendengar dan mengenal kasih karunia Allah dengan sebenarnya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«