suplemenGKI.com

Tuhan Penolong

Hak 3:7-11

Pengantar
                Pernahkah anda merasakan hidup yang tertekan? Seakan-akan apa yang anda lakukan serba salah dan bahkan bingung mau mengerjakan apa. Bagaimana kalau itu bukan perasaan yang tertekan namun memang sedang menjalani hidup yang tertekan karena memiliki musuh yang lebih kuat dari kita. Tentu kita akan menderita secara lahir dan batin. Bagaimana bangsa Israel menghadapi hal tersebut? 

Pemahaman
Ay 7, Apa yang sedang terjadi di bangsa Israel?
Ay 8, Apa yang dilakukan Tuhan terhadap bangsa Israel?
Ay 9, Apa reaksi bangsa Israel terhadap bangsa lain yang menjajahnya?
Ay 10, Apa yang Tuhan lakukan untuk menolong bangsa Israel?
Ay 11, Bagaimana hasil dari pertolongan Tuhan?

Pada waktu itu bangsa Israel melakukan apa yang jahat di mata Tuhan, mereka beribadah kepada para Baal dan para Asyera, mereka melupakan Tuhan dan menyembah kepada para dewa-dewa yang ada. Mereka sangat mudah sekali melupakan Tuhan yang sudah pernah menolong mereka pada waktu kesesakan.

Maka Tuhan sangat murka melihat apa yang dilakukan bangsa Israel, sehingga Tuhan menghukum mereka dengan cara membangkitkan lawan mereka yaitu raja Aram, Kusyan-Risyataim. Rupanya raja Aram tersebut mampu mengalahkan bangsa Israel dalam medan pertempuran dan akhirnya menaklukkannya serta menguasainya selama 8 tahun.

Bangsa Israel yang dijajah oleh bangsa Aram akhirnya menjerit kepada Tuhan meminta pertolongan-Nya. Tuhan berbelaskasihan kepada bangsa Israel sehingga Tuhan mau menjadi penolongnya dengan cara memunculkan seorang pemberani bernama Otniel.

Otniel dikuasai oleh Roh Tuhan sehingga ia mampu menjadi hakim bagi bangsa Israel sekaligus menjadi pemimpin perang melawan raja Aram. Tuhan menyerahkan raja Aram, Kusyan-Risyataim ke dalam tangan Otniel. Sehingga Otniel mampu mengalahkan raja Aram tersebut dengan mudah. Setelah raja Aram dikalahkan maka keadaan dan kondisi bangsa Israel menjadi tenang dan aman selama 40 tahun lamanya.

Refleksi
Luangkan waktu untuk merenungkan:” berapa banyak pertolongan Tuhan terjadi di hidup kita? Pernahkan saudara menjauhi Tuhan? Pernahkah anda meminta pengampunan dari Tuhan mana kala anda menjauhi Tuhan? Kapan itu terjadi dan mengapa? Sudahkah anda membereskan semuanya kepada Tuhan?

Tekadku
Ya Tuhan, seringkali kami hanya mau berkat dari Tuhan saja, mana kala hidup ini terasa sulit sedikit kami mudah berpaling dari-Mu. Ampunilah kami ya Tuhan.

Tindakanku
Hari ini saya akan mensyukur setiap kali saya merasakan pertolongan demi pertolongan Tuhan dalam hidup saya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«