suplemenGKI.com

Pertumbuhan Iman

1 Tesalonika 1:2-10

Pengantar
                Apabila kita menanam tumbuh-tumbuhan, pasti kita berharap tanaman tersebut bertumbuh dengan baik. Maka kita akan berusaha untuk merawat tanaman tersebut dengan baik. Mulai dengan memberikan air, pupuk dan mencabuti tanaman liar yang tumbuh disekitar tanaman tersebut. Kalau ada tanaman yang mati maka kita biasanya akan segera menggantinya, karena kita tidak menyukai melihat tanaman yang mati. Bagaimana dengan pertumbuhan iman?

Pemahaman

Ay 2, Apa yang Paulus syukuri di dalam doanya?

Ay 3-5 Apa yang terjadi dengan jemaat di Tesalonika?

Ay 6-8, Bagaimana Injil dapat berkembang di jemaat Tesalonika?

Ay 9-10, Apa yang menyebabkan jemaat Tesalonika bertumbuh imanNya?

Paulus senantiasa mendoakan jemaat-jemaat yang pernah ia rintis dan menyebut mereka dalam doa-doanya. Paulus memantau perkembangan jemaat-jemaatnya dari jauh dan ternyata jemaat Tesalonika imannya mengalami pertumbuhan. Ada beberapa indikasi yang dapat menyatakan hal tersebut.

Pertama, Injil yang telah diterima oleh jemaat Tesalonika telah mengubah jemaat Tesalonika menjadi penurut Tuhan dan meneladani kehidupan Paulus. Kedua, Iman yang tumbuh di jemaat Tesalonika ternyata dirasakan dampaknya oleh jemaat di Makedonia dan Akhaya bahkan banyak tempat lain juga merasakan dampaknya. Ketiga, Jemaat Tesalonika sudah menjadi manusia yang baru dengan meninggalkan berhala dan menggantikannya dengan melayani Allah yang hidup. Keempat, pengharapan jemaat Tesalonika pada kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kalinya di dunia ini, yang akan menyelamatkan setiap orang yang percaya

Refleksi
Ambil waktu beberapa menit untuk merenungkan: Apakah iman saudara mengalami pertumbuhan? Apa yang dapat saudara buktikan bahwa iman saudara bertumbuh? Atau jangan-jangan iman saudara sedang stagnan?

Tekadku
Ya, Tuhan sering kali kami tidak memikirkan pertumbuhan iman kami, kami membiarkan begitu saja tanpa ada usaha yang jelas dari kami untuk menumbuhkan iman kami, ampunilah kami ya Tuhan dan ubahlah hidup kami.

Tindakanku
Hari ini saya akan berusaha untuk menyirami imanku dengan: membaca Firman Tuhan, mempunyai waktu doa yang jelas.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*