suplemenGKI.com

2Timotius 2:8-13.

 

Iman Adalah Sebuah Perjuangan (2)

 

Pengantar:
Sesuatu baru bisa dikatakan sebuah perjuangan, jika proses atau perjalanan menuju apa yang diperjuangkan dapat mencapai finish atau batas. Finish atau batasnya bisa berupa sebuah keberhasilan, kemenangan atau target. Tetapi bisa juga kebalikannya yaitu tidak berhasil, gagal, bahkan kalah. Namun poinnya adalah perjalanan perjuangan itu telah dilewati sampai batas akhir itulah finish. Itulah perjuangan.

Pemahaman:

Ayat 8-10 : Apakah yang hendak ditekankan oleh Rasul Paulus ketika ia berkata “aku menderita…dibelenggu…tetapi firman itu tidak terbelenggu”?
Ayat 11-13 : Apakah yang dihayati oleh Rasul Paulus dalam pernyataan-pernyataannya di ayat-2 tersebut?

Dalam perjalanan perjuangannya memberitakan Injil, Paulus begitu banyak menghadapi tantangan, kesulitan dan tekanan. Bukan hanya bersifat psikis tetapi juga pisik. Itu sebabnya dia mengatakan: dia menderita, dibelenggu seperti seorang penjahat. Dalam keadaan seperti demikian tidak mudah bagi Paulus, namun yang menarik, dia berkata “aku sabar menanggung semua itu….” (v10) Beberapa hal pokok yang membuat Paulus begitu sabar dan yakin dalam pemberitaannya: Pertama, yang dia beritakan adalah Yesus yang telah bangkit dari antara orang mati artinya Tuhan yang menang. Dua, ia yakin bahwa ia telah memiliki keselamatan dari Tuhan yang bangkit itu, maka ia ingin agar orang lainpun mengalami keselamatan dari Yesus.

Paulus sangat menghayati bahwa: penderitaan bahkan mati karena memberitakan Kristus itu akan membawa pada kehidupan sejati bersama Kristus. Itu sebabnya Paulus sangat bertekun dalam perjuangan pemberitaan tentang Kristus. Kata ikut memerintah itu berbicara tentang menang atas kuasa dosa, kejahatan dan segala hal yang bersifat duniawi. Maka yang menjadi prinsip Paulus adalah tidak menyangkal Kristus, melainkan tetap setia sekalipun harus menderita. Itulah juga yang telah dinyatakan oleh Yesus kepada kita. Kristus tetap setia, sekalipun kita terkadang tidak  setia. Hal ini mengajak kita agar tetap setia dalam perjuangan iman.

Refleksi:
Pernahkah saudara mengalami penderitaan, belenggu dan dianggap penjahat karena iman saudara kepada Yesus? Maukah saudara tetap setia kepada Yesus jika suatu saat diperlakukan demikian?

Tekadku:
Tuhan Yesus, aku adalah manusia lemah, tolonglah agar aku tetap setia kepada-Mu, sekalipun harus menghadapi tantangan berat di dalam perjuangan imanku kepada-Mu.

Tindakkanku:
Terus berjuang dalam iman kepada Yesus, karena aku tahu Yesus tidak tinggalkanku.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«