suplemenGKI.com

Bacaan : I Tesalonika 4 : 13 – 18.

“HARI TUHAN SEBAGAI PENGHIBURAN”

 

PENGANTAR.
Berita dan gagasan tentang kedatangan Yesus yang kedua menimbulkan persoalan bagi jemaat Tesalonika.Mereka mengharapkannya dengan segera bahkan bilamana hl itu terjadi mereka masih dalam keadaan masih hidup. Namun mereka khawatir dengan orang-orang Kristen yang sudah meninggal, mereka tidak tahu pasti apakah mereka yang sudah meninggal akan mengalami kemuliaan pada hari kedatangan Yesus ? renungan hari ini memberi jawabannya.

PEMAHAMAN.

  1. Bagaimana penjelasan rasul Paulus tentang kedatangan Yesus yang kedua ?bagaimana pula pendapatnya tentang orang Kristen yang sudah meniinggal sebelum hari Tuhan ? ( ayt 13-14 ).
  2. Bagaimana sikap orang Kristen terhadap persoalan tersebut diatas ?
    ( ayt 15-18 ).

Berita tentang kedatangan Tuhan Yesus yang kedua telah menimbulkan situasi yang tidak sehat di jemaat Tesalonika.Ada banyak orang yang berhenti bekerja dan meninggalkan semua usahanya.Ada yang menanti kedatangan Yesus dengan luapan emosi yang tak terkendali. Bahkan ada hal yang sangat merisaukan mereka yaitu tentang apa yang terjadi dengan mereka yang meninggal sebelum kedatangan Kristus. Lalu bagaimana Paulus mengatasi persoalan tersebut.Pertama : Paulus menyuruh jemaat Tesalonika agar tenang dan melanjutkan pekerjaan dan usaha mereka. Kedua : Paulus meyakinkan jemaat Tesalonika bahwa orang Kristen yang meninggal sebelum kedatangan Kristus tidak kehilangan penebusan yang diperoleh pada saat kedatangan Kristus. Mereka memiliki pengharapan didalam Kristus.Ketiga : Paulus meyakinkan jemaat Tesalonika dengan pengakuan iman yang berbunyi : “kita percaya juga bahwa Yesus telah mati dan bangkit”. Kepercayaan ini penting karena apa yang terjadi pada Yesus juga akan terjadi pada mereka yang meninggal dalam iman kepada Yesus. Allah akan membangkitkan dia sama seperti Allah membangkitkan Yesus. Keempat : Paulus menasehati jemaat Tesalonika untuk saling memberi penghiburan dengan pesan pengharapan. Meskipun orang Kristen berduka karena meninggal namun kedukaan mereka mendapat penghiburan oleh pengharapan akan kebangkitan dan kehidupan kekal.

Setiap orang percaya yang hidup di jaman sekarang ini sebenarnya juga sedang dalam penantian akan kedatangan Kristus yang kedua. Yang harus kita lakukan adalah  berjaga-jaga didalam iman kepada Tuhan sambil mengabdikan hidup kita untuk hormat dan kemuliaan Tuhan. Seandainya kita meninggal dunia sebelum kedatangan Kristus maka kita juga yakin bahwa kita yang berpengharapan kepada Kristus akan menerima hidup kekal. Amiin.

REFLEKSI
Mari kita merenungkan !seandainya saudara meninggal dunia hari ini, apakah saudara yakin pasti masuk surga ?

TEKADKU.
Ya Tuhan tolonglah saya agar  dapat menjalani kehidupan saya dengan tenang di dalam pengabdian kepada tugas melayaniMU sampai Kristus datang.

TINDAKANKU
Saya akan menghibur mereka yang berduka karena kematian.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«