suplemenGKI.com

Jumat , 7 Juli 2017

06/07/2017

Hidup Dalam Roh Allah

1 Yohanes 4:1-6

 

Pengantar
                Banyak orang yang mengatakan bahwa dalam hidup ini yang paling misterius adalah di dalam roh. Karena roh tidak dapat dilihat maka orang mulai membuat teori-teori tentang roh dan ada yang mempercayainya sampai turun temurun. Misalnya dirumah kita ada ruang yang gelap dan tidak pernah tersentuh maka banyak orang bicara ditempat itu banyak setannya. Di sumur yang sudah lama tidak difungsikan, orang bilang itu banyak setannya, rumah yang lama tidak dihuni di situ juga banyak setannya. Hal-hal yang demikian akhirnya membelenggu manusia sendiri. Apa yang dimaksud oleh Yohanes, tentang roh?

Pemahaman

Ay 1 Apa yang dinasihatkan oleh Yohanes tentang roh-roh dan nabi-nabi palsu?

Ay 2-3, Apa yang dimaksud dengan Roh Allah dan roh antikristus?

Ay 4, Apa yang Yohanes nyatakan tentang Roh Allah dalam diri orang yang percaya?

Ay 5-6, Apa perbedaan antara roh duniawi dan Roh Allah

Yohanes menasihati untuk jemaatnya tidak mudah mempercayai orang-orang yang menggunakan kuasa roh-roh dunia, jemaat diingatkan untuk tidak mudah tertarik dengan apa yang dikerjakan oleh orang-orang yang menggunakan kuasa dari roh-roh dunia. Yohanes mempersilakan jemaat untuk berani menguji semua roh apakah berasal dari Allah atau tidak?

Yohanes memberikan identifikasi tentang roh yang benar adalah roh yang mengakui Yesus Kristus, sedangkan roh yang tidak mengakui Yesus Kristus berarti roh itu antikristus. Yohanes menegaskan setiap orang yang percaya kepada Yesus Kristus berasal dari Allah dan mampu mengalahkan nabi-nabi palsu, bahkan roh Allah yang hidup di dalam setiap orang yang percaya lebih besar dari roh yang ada di dunia ini. Hal ini mengingatkan pada kita semua bahwa orang yang percaya dilindungi oleh Roh Allah yang terus bekerja di dalam dirinya secara terus menerus, sehingga tidak ada kuasa/roh apapun yang dapat mengganggunya.

Roh kebenaran senantiasa menuntun orang kepada Allah dan rindu untuk mendengarkan suara kebenaran sedangkan roh dunia menjauhkan dirinya dari Allah dan menentang suara kebenaran.

Yohanes ingin jemaatnya menyadari bahwa memang ada kuasa-kuasa roh jahat yang akan menghancurkan hidup orang yang percaya, bahkan akan membuat orang itu menyembah berhala. Namun di sisi lain Yohanes ingin mengatakan bahwa yang lebih berbahaya adalah adanya orang-orang yang dikuasai roh duniawi sehingga mereka akan berbuat jahat dan menyesatkan.

Mari kita hidup di dalam Roh Allah dan menghasilkan kebenaran-kebenaran.

Refleksi
Renungkanlah: Banyak manakah: orang yang kerasukan roh jahat atau orang yang berbuat jahat (sudah terpola)?

Tekadku
Ya Tuhan seringkali kami menganggap bahwa hidup kami di dalam tangan Tuhan, namun kami juga melakukan hal-hal yang jahat, Ampunilah kami Ya Tuhan.

Tindakanku
Hari ini aku menyadari bahwa aku hidup di dalam Allah maka kebaikan dan kebenaran akan aku hadirkan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*