suplemenGKI.com

Jumat, 6 April 2018

05/04/2018

Special Gift

Yohanes 20:19-23

 

Pengantar
Banyak orang senang menerima hadiah yang memberi kejutan. Ada banyak bentuk hadiah yang diberikan kepada kita dan membuat hati kita senang. Namun hadiah itu sebenarnya tidak hanya berupa suatu barang atau materi yang kelihatan oleh mata saja. Hadiah itu dapat berupa berkat yang tidak terlihat oleh mata. Apakah itu? Mari kita melihat dan merenungkannya dalam bacaan kita hari ini.

Pemahaman 

  • Ayat 19-20           : Siapakah pembawa dan pemberi berkat itu?
  • Ayat 21-23           : Berkat apakah yang mereka terima? 

Malam pada hari kebangkitan-Nya, Yesus tiba-tiba hadir di tengah-tengah para murid untuk mengutus mereka supaya mereka menyatakan keselamatan bagi umat manusia (ayat 21-23) Bagaimana mungkin murid-murid Yesus yang masih ketakutan bisa menjadi wakil Yesus menyatakan pengampunan dosa bagi manusia (ayat 19)? Jawabannya ada pada kehadiran Yesus di tengah-tengah mereka yang menerobos segala keterbatasan. Ia hadir bukan untuk menegur sikap pengecut mereka yang melarikan diri dan meninggalkan-Nya saat Ia di salib. Yesus hadir untuk menyatakan damai sejahtera bagi mereka (ayat19b, 21a). Damai sejahtera itu bukan didasarkan pada kondisi iman para murid melainkan pada kehadiran Yesus yang sudah bangkit.

Kehadiran Yesus membuktikan bahwa misi yang mereka emban bukan suatu misi mustahil karena di balik pengutusan itu, Roh Kudus akan berperan aktif. Yesus menghembusi  mereka dengan Roh Kudus. Apa artinya Yesus menghembusi mereka dengan Roh Kudus? Kata menghembusi sama dengan kata yang dipakai dalam Kejadian 2:7, ketika Tuhan Allah “menghembuskan” nafas hidup kepada debu tanah yang dibentuk-Nya menjadi manusia pertama. Artinya, oleh Roh Kudus para murid menjadi lahir baru (bandingkan dengan Yohanes 3:5) dan mendapatkan kekuatan baru untuk berkarya menjadi saksi-Nya, melanjutkan misi penyelamatan dunia.  Inilah berkat istimewa yang mereka terima melebihi berkat yang  diinginkan oleh manusia pada umumnya. Betapa berbahagianya para murid mendapatkan berkat istimewa ini.

Refleksi
Dalam keheningan, marilah mengingat apa sajakah berkat yang telah Anda terima dari Tuhan? Adakah berkat istimewa yang tidak Anda duga sebelumnya?  Apakah Anda tahu mengapa Tuhan memberikan berkat istimewa? Apakah Anda telah menggunakan berkat itu untuk bersaksi dan melanjutkan misi penyelamatan?

Tekadku
Ya Tuhan mampukanlah aku mensyukuri berkat anugerah-Mu dan menggunakannya untuk berkarya menjadi saksi-Mu. Jangan biarkan aku lemah dan dirundung ketakutan sehingga langkahku goyah.

Tindakanku

  • Aku mau terus mensyukuri berkat-berkat yang Tuhan berikan kepadaku.
  • Aku mau bangkit dari ketakutan untuk berkarya menjadi saksi-Nya sebab aku tak pernah sendiri, ada Roh Kudus yang memberiku kekuatan  untuk melangkah.
Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«