suplemenGKI.com

Jumat, 6 April 2012

05/04/2012

Yoh 19:1-11, 28-37,

Sudah Selesai

 

Bagian ini menceritakan Pilatus yang seharusnya punya kuasa untuk memutuskan perkara Yesus, menjadi tidak berani mengambil keputusan karena orang-orang Yahudi pada waktu itu menghendaki Yesus di salibkan.

  1. Mengapa Pilatus tidak berani memutuskan perkara Yesus?
  2. Tuduhan apakah yang dilancarkan oleh orang Yahudi kepada Yesus, sehingga Yesus layak di hukum mati?
  3. Apa arti perkataan “Sudah Selesai” dari Tuhan Yesus?
  4. Untuk membuktikan bahwa Yesus sudah mati, apa yang dilakukan oleh para prajurit?
  5. Apa artinya bacaan ini bagi anda secara pribadi?

 

Renungan

Pilatus menyatakan bahwa aku tidak mendapati kesalahan apapun pada Yesus, bahkan Pilatus menawarkan pembebasan bagi Yesus di hadapan orang Yahudi, namun mereka memilih Barabas. Pilatus mengulangi pernyataannya bahwa ia tidak menjumpai kesalahan yang dilakukan oleh Yesus.

Menjelang penyaliban Yesus, Pilatus juga membuat pernyataan bahwa ia memiliki kekuasaan untuk membebaskan atau menyalibkan Yesus. Dari sisi hukum Romawi hal ini dibenarkan, karena seorang gubenur memiliki hak untuk membebaskan tahanan. Namun ketika hal ini disampaikan kepada Yesus, maka Ia menjawab bahwa kuasa yang ada padanya bukanlah milik pribadi yang dapat digunakan untuk keinginannya sendiri.

Sebenarnya terjadi pergumulan batin dalam Pilatus, disatu sisi ia tidak mendapati kesalahan Yesus, disisi yang lain orang-orang Yahudi menghendaki Yesus untuk disalibkan.

Menurut orang-orang Yahudi, Yesus layak untuk disalibkan karena menganggap dirinya sebagai Anak Allah (ay 7).

Diatas kayu salib, Yesus berkata:”Sudah Selesai” perkataan ini menunjukkan kesempurnaan ketertundukkan Yesus kepada rencana dan cara penebusan Allah demi menyelamatkan manusia yang berdosa. Ia adalah Allah yang datang ke dunia dalam rupa manusia. Ia mengorbankan diri-Nya sebagai korban yang memenuhi kualifikasi Allah. “Sudah Selesai” juga menyatakan deklarasi kemenangan atas selesainya karya penebusan Allah bagi manusia yang berdosa. Segala sesuatu yang dibutuhkan untuk menghapus dosa manusia telah tersedia dengan sempurna. “Sudah Selesai” juga mengungkapkan bahwa karya penebusan telah selesai dilakukan oleh Yesus, namun dampaknya ada hingga sekarang. Ini berarti karya penebusan Kristus bukan hanya menebus dosa masa lampau, tetapi juga untuk masa kini dan masa yang akan datang.

Yesus Kristus mau melakukan karya penebusan-Nya demi manusia, supaya manusia yang berdosa dan jauh dari Allah, diampuni dosa-dosanya dan dapat mendekat kepada Allah. Karya penebusan ini sekali untuk selama-lamanya dan tidak akan pernah diulang kembali.

Bersyukur kalau dosa-dosa kita telah diampuni melalui pengorbananNya. Apa yang akan kita lakukan untuk membalas cinta kasih-Nya yang sempurna?

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«