suplemenGKI.com

TUHAN MELINDUNGI

MAZMUR 34:2-9

Pengantar
Pernahkah umat Allah memiliki pengalaman dimana hidupnya berada di bawah bayang-bayang maut ? Mungkin umat dapat bertanya pada para penyintas covid-19, apa yang mereka rasakan saat mengalami kondisi dan situasi yang tidak menyenangkan dan mengancam hidup mereka ? Daud menyampaikan puji-pujian dihadapan umat Allah. Nyanyian ini adalah ungkapan sukacita sekaligus rasa syukur Daud saat mengenang peristiwa yang pernah dihadapinya. Saat ia dikejar oleh Saul.

Pemahaman
Ayat 2-5           Mengapa Daud mengajak setiap orang bersyukur lewat ungkapan puji-pujian kepada Allah ?
Ayat 6-9           Apa saja nasehat penting yang disampaikan Daud dalam nyanyiannya ?

Nyanyian dari Daud ini merupakan refleksi atas perjalanan iman Daud. Saat dia berada dalam pengejaran Saul. Saul tidak ingin diganti menjadi raja atas Israel. Saul berupaya membunuh Daud. Dalam pelarian itu, Daud pernah berpura-pura gila agar tidak ditangkap. Pengalaman ini tampaknya begitu berkesan bagi Daud. Seandainya saat itu dia tidak berpura-pura menjadi gila, tentu dia akan ditangkap dan mati. Daud mengajak setiap orang untuk bersyukur oleh karena Allah yang selalu setia dan tidak meninggalkan umat-Nya. Dalam nyanyiannya, Daud mengajak setiap orang untuk selalu memandang kepada Allah. Karena hanya Allah tempat perlindungan dalam kesesakan. Bersama Allah setiap peristiwa kehidupan dapat dilalui.

Daud memperoleh perlindungan dari Allah semasa pelariannya. Daud terhindar dari maut yang membayangi hidupnya pada saat itu. Hal itulah yang memotivasi Daud untuk senantiasa mengucap syukur. Namun mampukah umat Allah dimasa sekarang juga mengucapsyukur ? Di tengah situasi yang pahit, tidak menyenangkan, sulit dan berat seperti sekarang ini ? Memang tidak mudah mengucap syukur dalam situasi dan kondisi saat ini. Pengalaman Daud merupakan bukti bahwa Allah tidak meninggalkan umat-Nya. Allah selalu melindungi umat-Nya.

Pengalaman Daud tentu menjadi pelajaran berharga bagi umat Allah saat ini. Kenyataan bahwa umat Allah tetap berada dalam perlindungan Allah dimasa-masa yang berat ini. Hal itu perlu untuk senantiasa disyukuri. Situasi dan kondisi saat ini mengancam kehidupan, bukan hanya karena virus covid 19 yang mematikan, namun dampak yang diakibatkan pandemi berkaitan dengan kondisi sosial ekonomi yang dapat berakibat fatal dan juga mematikan. Dalam situasi dan kondisi saat ini umat sangat membutuhkan perlindungan. Tanpa perlindungan dari Allah, maut telah mengintip dan siap menerkam.

Refleksi
Sejatinya hidup manusia sangat rapuh dan senantiasa berada dalam ancaman. Situasi dan kondisi dunia yang semakin tidak menentu mendorong setiap orang tidak berhenti untuk selalu bersandar pada Allah. Allah merupakan tempat perlindungan bagi umat-Nya. Setiap hari umat membutuhkan perlindungan dari-Nya.

Tekadku
Ya Allah, lindungilah kami dari segala marabahaya dan sakit penyakit. Kami serahkan kehidupan kami dalam tuntunan dan perlindungan-Mu.

Tindakanku
Tekun berdoa kepada Allah agar memiliki relasi atau hubungan yang baik. Tekun membaca firman Allah agar tetap kuat dan teguh menghadapi situasi yang sulit dan berat

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«