suplemenGKI.com

Wahyu 3:1-6

 

Bertahan Dalam Kebenaran

 

Pengantar :
Hidup dalam lingkungan yang baik  akan memudahkan kita untuk menjadi baik juga, namun hidup dalam lingkungan yang tidak baik akan menyulitkan kita hidup dalam kebenaran. Sebagai orang yang percaya kita dituntut untuk terus hidup dalam kebenaran sekalipun dunia disekitar kita tidak mendukungnya. Oleh sebab itu kita perlu bertahan dalam kebenaran agar iman kita tidak sia-sia di dalam dunia ini.

Pemahaman :
Ay 1, Apa yang telah Tuhan katakan kepada jemaat di Sardis?

Ay 2, Apa yang diharapkan Tuhan kepada jemaat di Sardis?

Ay 3, Apa yang dinasihatkan Tuhan kepada jemaat di Sardis?

Ay 4, Mengapa Tuhan memuji beberapa jemaat di Sardis?

Ay 5-6, Pesan apakah yang Tuhan sampai kepada jemaat di Sardis?

Sardis adalah kota di sebelah selatan Tiatira.Kota Sardis merupakan kota pusat industri yang makmur, hasil kota ini termasuk juga bahan wol dan kain berwarna. Dengan keadaan kota Sardis yang cukup baik maka hal itu pasti berdampak juga pada kehidupan perekonomian di jemaat Sardis.

Namun sayangnya perekonomian yang cukup baik tidak berbanding lurus dengan keadaan kerohanian jemaat di Sardis. Tuhan justru menegur keadaan rohani mereka yang kelihatannya hidup namun kenyataannya mati.

Maka Tuhan mengharapkan jemaat di Sardis untuk bangun dan tetap tegar menghadapi tantangan jamannya. Tuhan menasihatkan untuk mereka bertobat dan kembali menerima dan menuruti Firman Tuhan. Dengan demikian maka mereka akan menjadi jemaat yang selalu berjaga-jaga dan siap menyambut kedatangan Kristus yang kedua kalinya kapanpun waktunya.

Tuhan dalam hal ini juga memberikan pujian kepada beberapa jemaat Sardis yang telah setia melakukan Firman Tuhan dan hidup dalam kebenaranNya, sehingga mereka ini termasuk orang yang tidak mencemari pakaiannya, dan tetap kelihatan putih.

Kata barang siapa menang, mengingatkan jemaat Sardis harus tetap memperjuangkan hidup dalam kebenaranNya. Mereka-mereka yang setia sampai akhir hidupnya akan dicatat oleh Tuhan dalam buku kehidupan dan Tuhan akan mengakui nama-nama mereka di hadapan Bapa dan para malaikatNya

Refleksi :
Ambil waktu sejenak untuk merenungkan: Apakah selama kita menjalani hidup ini, lebih menuruti dunia atau menuruti kehendak Tuhan?

Tekad :
Ya Tuhan, sering kali kami tidak tahan dengan godaan dunia ini, sehingga membuat kami jauh dariMu. Berilah kesempatan kepada kami untuk memperbaharui tekat kami agar senantiasa setia pada kebenaranMu sampai akhir hidup kami. Amin

Tindakan :
Hari ini saya akan melakukan yang hal benar, misalnya berkata dengan jujur, berkelakuan yang benar terhadap sesama.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*