suplemenGKI.com

Jumat, 5 Mei 2017

04/05/2017

Hidup Sebagai Hamba Allah

1 Petrus 2:11-17

 

Pengantar
Setiap manusia pasti berjuang untuk menjalani kehidupan ini, apalagi kalau tempat dimana kita hidup bukan daerah kita sendiri, maka akan lebih banyak penyesuaian-penyesuaian yang terjadi. Mulai menyesuaikan dengan tempat tinggal, pekerjaannya, masyarakat dan kebudayaan setempat, pergaulannya dll.

Nasihat apakah yang diberikan oleh Petrus kepada jemaatnya yang ada di perantauan?

Pemahaman

Ay 11, Apa yang Petrus nasihatkan kepada jemaat yang hidup dalam perantauan?

Ay 12-13, Apa yang dituntut Petrus dalam menjalani kehidupan ini?

Ay 13-15, Bagaimanakah sikap jemaat terhadaplembaga negara yang sah?

Ay 16-17, Prinsip-prinsip hidup apakah yang harus dimiliki sebagai orang yang percaya?

Petrus menyadari bahwa banyak jemaatnya yang hidup dalam perantauan, tentunya hal ini tidak mudah bagi pendatang untuk beradaptasi dengan lingkungan setempat. Maka Petrus menasihatkan beberapa hal, Pertama, Dalam menjalani hidup ini menjauhkan diri dari keinginan-keinginan daging.Karena segala keinginan daging akan merusak hubungan dengan Tuhan dan sesama. Keinginan daging hanya menunjukkan keegoisan manusia saja. Kedua, Memiliki cara hidup yang baik. Ditengah-tengah bangsa-bangsa yang bukan Yahudi, Petrus berharap cara hidup mereka harus menjadi berkat bagi orang lain, supaya mereka yang melihat cara hidup bangsa Yahudi yang baik akan memuliakan Allah. Ketiga, taat kepada lembaga negara yang sah. Petrus menyakini bahwa Tuhan bekerja dalam pemerintahan yang ada, maka sebagai orang yang percaya sudah seharusnya mereka mendukung pemerintahan yang ada dan sah. Keempat, Menghormati semua manusia. Bukan saja kepada lembaga pemerintahan yang ada harus di taati namun kepada semua manusia, kita harus menghormati mereka sebagaimana adanya.

Tentunya nasihat yang Petrus katakan kepada jemaatnya berdasarkan tunduk dan takut kepada Allah, Petrus ingin bahwa orang-orang yang percaya hidupnya selalu menghormati Tuhan dan taat akan perintah-perintah Tuhan.

Petrus juga ingin mereka yang hidup diperantauan senantiasa mencari kehendak Tuhan bukan hanya memenuhi keinginannya sendiri, tujuan dari semuanya itu adalah bahwa mereka menjadi hamba-hamba Allah. Hamba-hamba yang siap hidupnya mempermuliakan Allah bukan mempermalukan Allah. Orang-orang yang hidupnya sebagai hamba Allah, mereka inilah yang hidupnya senantiasa berbuat baik sehingga orang-orang lain tidak mendapati kesalahannya.

Refleksi
Ambillah waktu beberapa menit untuk merenungkan: Sudahkah saya menjalani hidup ini sebagai hamba Allah atau sebagai hamba diri sendiri.

Tekadku
Ya, Tuhan ampunilah kalau kami hidup di dalam dunia ini hanya mencari kesenangan kami sendiri, kami terlalu egois, bahkan kami jarang berbuat baik kepada sesama. Ampunilah kami.

Tindakanku
Hari ini mempraktekkan hidup sebagai hamba-hamba Allah,dengan cara tidak memikirkan diri sendiri namun berani berbagi dengan orang lain.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*