suplemenGKI.com

Jumat, 5 Maret 2021

04/03/2021

FIRMAN-NYA MENYEGARKAN JIWAKU

Mazmur 19:8-15

 

Pengantar
Ketika tubuh mengeluarkan banyak keringat karena berolahraga, maka tubuh akan memberi sinyal pada kita untuk segera minum air agar tidak terjadi dehidrasi. Di saat air itu masuk ke dalam tubuh, maka akan memberikan kesegaran dan kelegaan. Saudara, jika dalam tubuh jasmani kita membutuhkan asupan baik makanan dan minuman agar tubuh kita tidak mengalami lapar dan dahaga, demikian halnya dengan kehidupan rohani kita. Kita membutuhkan asupan khusus agar kehidupan rohani makin mengalami pertumbuhan.

Pemahaman

  • Ayat 8-10     : Apa sajakah fungsi Firman Tuhan yang diungkapkan oleh pemazmur?
  • Ayat 11-12    : Bagaimanakah pemazmur mengungkapkan penghargaannya terhadap Firman Tuhan?
  • Ayat 13-15    : Apakah yang menjadi harapan pemazmur ketika hidupnya diisi oleh Firman Tuhan?

Secara keseluruhan, Mazmur 19 adalah mazmur yang ditulis oleh Daud, yang mana ia mengekspresikan kebesaran dan kuasa Tuhan atas alam semesta dan Firman-Nya. Bacaan kita hari ini akan berfokus pada ekspresi Daud atas kebesaran dan kuasa Tuhan melalui Firman-Nya (ayat 8-15). Berdasarkan perenungan dan pengalaman rohani yang dialaminya, Daud mengungkapkan fungsi Firman Tuhan sebagai berikut: (1) Taurat Tuhan itu sempurna karena ada sukacita dan kekuatan dari Allah, sehingga menyegarkan jiwa-jiwa yang letih dan lesu. (2) Perintah Tuhan itu teguh dan memberikan hikmat pada orang yang tak berpengalaman sehingga umat tak kehilangan arah hidup. (3) Titah Tuhan itu tepat, menyukakan hati dan membuat mata bercahaya, sehingga hidup ini dipenuhi oleh kuasa dan kehadiran Tuhan. (4) Seluruh hukum Tuhan itu benar dan adil, agar umat mampu menjalani hidup dengan lebih teratur.

Daud sungguh-sungguh merasakan pentingnya Firman Tuhan dalam hidupnya, sehingga ia memberikan penghargaan terhadap Firman-Nya. Ia berkata bahwa Firman Tuhan itu lebih indah dari pada emas, lebih manis daripada madu (ayat 11). Firman Tuhan jauh melebihi segala kekayaan di dunia ini dan jauh melebihi kesenangan atau kenikmatan diri sendiri. Jika Firman Tuhan diterima dengan rasa syukur, dan hati yang penuh sukacita, maka akan memberikan semangat bagi umat untuk menjalani hidupnya. Ketika Daud mengalami dan merasakan kuasa Firman Tuhan, maka ia menyadari dengan segala kerendahan hati bahwa ia membutuhkan anugerah dari Tuhan agar ia mendapatkan pengampunan atas segala kesalahan yang telah diperbuatnya, serta mendapatkan perlindungan dan kekuatan dalam menghadapi berbagai situasi yang menghadangnya (ayat 13-15).

Refleksi
Marilah kita merenungkan: Bagaimanakah cara kita selama ini dalam memperlakukan Firman Tuhan? Apakah menganggapnya sebagai anugerah yang sangat berharga, ataukah justru hanya sebagai koleksi semata? Saudara, Firman Tuhan diberikan pada kita agar kita semakin mengenal Tuhan dan mengalami anugerah-Nya.

Tekadku
Tuhan, ajarlah aku untuk tetap cinta akan Firman-Mu. Mampukanlah agar aku menjadi pelaku Firman yang berkenan dan menjadi berkat bagi orang di sekelilingku.

Tindakanku

  • Aku belajar untuk memperlakukan Firman Tuhan sebagai anugerah yang sangat berharga, dengan cara bukan hanya menjadi pembaca dan pendengar, tetapi juga melakukan Firman Tuhan dalam hidup sehari-hari.
  • Aku akan membangun kembali semangatku dan keluarga untuk membaca Alkitab.
  • Hari ini aku akan membagikan berkat Firman Tuhan yang menjadi perenunganku pada 3 orang terdekatku melalui media sosial.
Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«