suplemenGKI.com

Kisah Para Rasul 19:1-7.

 

“Percaya Kristus Berarti Dipersiapkan Menjadi Rekan Sekerja-Nya”

Pengantar:
            Suatu hari seorang pegawai di sebuah perusahaan diutus oleh pimpinannya untuk mengikuti suatu pelatihan terkait dengan bagaimana mengembangkan perusahaan agar lebih berkembang. Sebelum dia berangkat, pimpinan perusahaan berbicara dengannya, bahwa dia harus mengikuti pelatihan dengan baik, serap semua ilmu yang akan disampaikan di dalam pelatihan itu. Dia kemudian bertanya kepada pimpinan perusahaan “untuk apa saya diutus mengikuti pelatihan itu?” Pimpinan kemudia berkata, “karena kamu nanti akan dipercayakan untuk menjadi rekan saya dalam mengembangkan perusahaan ini” Bacaan hari ini kita belajar tentang Tuhan memperlengkapi umat-Nya untuk kemudian menjadi rekan sekerja-Nya.

Pemahaman:

1)      Apakah yang melatarbelakangi pertanyaan Paulus terhadap jemaat Efesus? (v. 1-2)

2)      Apakah yang hendak ditekankan oleh Paulus ketika menjelaskan baptisan Yohanes dan menerima Roh Kudus? (v. 3-7)

Bacaan Kisah Rasul 19:1-7, adalah bagian dari perjalanan pekabaran Injil yang dilakukan oleh Paulus di Efesus. Dalam kesempatan itu ia berbincang-bincang dengan jemaat Efesus tentang kehidupan percaya mereka kepada Tuhan. Ternyata dalam percakapan itu Paulus mendapatkan bahwa jemaat Efesus baru menerima baptisan sebagai tanda pertobatan dalam kontek untuk menyambut kedatangan Mesias yang akan datang di dalam diri Yesus. Dengan kata lain Yohanes adalah alat Tuhan untuk mengantar jemaat Efesus untuk menerima Kristus yang akan datang sebagai Mesias. Namun mereka belum diperlengkapi untuk menjadi saksi Yesus yang datang sebagai Mesias itu. Konsekuensinya adalah mereka tidak akan bisa menjadi saksi Kristus (band Kis 1:8) Itulah sebabnya Paulus mengatakan bahwa mereka harus menerima Roh Kudus, dan syarat agar dapat menerima Roh Kudus adalah harus percaya kepada Yesus Sang Mesias, sebagai wujud percaya itu mereka harus dibaptis dalam dalam nama Tuhan Yesus. Ketika mereka dibaptis oleh Paulus dalam nama Tuhan Yesus, Roh Kudus turun ke atas mereka sehingga mereka mulai berkata-kata dalam bahasa Roh dan bernubuat. Berkata-kata dalam bahasa roh dalam konteks mereka sedang diperlengkapi untuk memberitakan Injil Kristus, bukan merupakan suatu fenomena yang tidak bisa dipahami. Jadi jelas ketika seseorang percaya, dia harus siap diperlengkapi menjadi rekan sekerja Tuhan dengan kuasa Roh Kudus untuk memberitakan Injil keselamatan Kristus.

Refleksi:
Sebagai orang percaya hari ini, kita tidak perlu lagi dibaptis seperti yang dilakukan Paulus kepada jemaat Efesus saat itu, karena ketika kita dibaptis dalam nama Bapa Anak dan Roh Kudus, sesungguhnya kita sudah dibaptis Roh Kudus dan siap mejadi rekan sekerja Allah.

Tekad:
Ya Tuhan, walaupun saya sudah menerima kuasa Roh Kudus melalui baptisan, tetapi saya masih belum menjadi rekan sekerja Tuhan. Tolong mampukan saya untuk hal itu ya Tuhan.

Tindakkan:
Berkomitmen untuk siap sedia menjadi rekan sekerja Allah melalui karya pelayanan yang dipercayakan kepada saya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«