suplemenGKI.com

Jumat, 5 April 2019

04/04/2019

Filipi 3:4b-14

MENGENAL KRISTUS: APA DAMPAKNYA?

PENGANTAR
Sejak kapan Anda mengenal Kristus, dan sejauh mana hal itu membawa perubahan pada diri Anda? Ini adalah sebuah pertanyaan penting, juga bagi Anda yang sudah Kristen sejak lahir. Tentu, jika sejak lahir Anda sudah Kristen dan cukup aktif bergereja, pertanyaan “kapan” tidak mudah dijawab. Dan, mungkin juga tidak penting. Tetapi pertanyaan berikutnya masih relevan, bahkan sangat penting. Sungguh sayang apabila kekristenan yang Anda miliki sejak lahir ternyata tidak membawa dampak apa-apa bagi kehidupan Anda.

PEMAHAMAN

  • Ayat 4-6. Sebutkan tujuh hal di mana Paulus bisa membanggakan dirinya di masa lalu sebagai penganut agama Yahudi (ay.4b-6).
  • Ayat 7-9. Perhatikan perubahan pandangan Paulus mengenai masa lalunya sebagai penganut agama Yahudi (ay.7-9)  Apa yang menyebabkan perubahan itu? (ay.8a)  Dan apa yang Paulus lakukan setelah pandangannya berubah? (ay.8b)
  • Ayat 8-14. Selain masa lalu, perubahan juga terjadi pada cara Paulus memandang dan menjalani masa depannya.  Apa visi/ tujuan hidup Paulus? (ay.10-11) Bagaimana sikap Paulus dalam menjalani masa depannya? (sebutkanlah minimal tiga hal berdasarkan ayat 12-14).

Paulus menyebutkan tujuh hal yang dapat dibanggakan setiap orang Yahudi: 1) disunat pada hari kedelapan, 2) orang Israel, 3) dari suku Benyamin, 4) dari keluarga Ibrani asli, 5) seorang Farisi, 6) menganiaya orang-orang Kristen untuk membela agama Yahudi, dan 7) tak bercacat dalam mentaati hukum Taurat. Tetapi, Paulus menyebut semua “prestasi” itu sebagai hal-hal “lahiriah”.

Semua hal yang disebutkan Paulus di ayat 5-6 dapat memberi berbagai keuntungan. Salah satunya adalah membuatnya dihormati di antara orang-orang Yahudi. Namun, kini Paulus justru menganggapnya sebagai kerugian. Mengapa? Paulus menemukan kemuliaan yang lebih besar ketika ia mengenal Kristus. Di dalam Kristus Paulus memahami kebenaran sejati yang melampaui semua kebenaran yang selama ini diupayakan dengan kekuatannya sendiri.

Setelah mengenal Kristus, Paulus tidak ragu-ragu lagi akan masa depannya. Dia meninggalkan masa lalunya dan mengarahkan seluruh hidupnya untuk menjalani masa depannya memenuhi panggilan ilahi.

REFLEKSI
Yesus Kristus adalah pribadi yang luar biasa. Ajaran dan tindakannya membuat kagum dunia. Namun, pertanyaan yang paling penting adalah: Sejauh mana Kristus membawa perubahan pada kehidupan Anda?

TEKADKU
Ya Tuhan, kerelaan dan kesungguhan hati untuk meninggalkan masa laluku dan menjalani masa depanku bersama-Mu.

TINDAKANKU
Dalam seminggu yang akan datang, aku akan memikirkan kembali apa kehendak dan rencana Tuhan bagi masa depanku. Aku akan membicarakan hal ini dengan orang-orang yag dekat denganku.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«