suplemenGKI.com

JUMAT, 5 APRIL 2013

04/04/2013

YOHANES 20: 19-23

“KRISIS DAN PEMULIHAN IMAN”

 

PENGANTAR
Peristiwa yang kita baca menunjukkan kekuasaan Allah yang Maha Tinggi, dan sekaligus menunjukkan adanya krisis kepercayaan dalam diri para murid. Tetapi akhir kisah ini begitu menarik ketika kita melihat bagaimana Tuhan Yesus memulihkan kepercayaan (iman) para murid dengan berbagai cara yang tepat untuk kebutuhan tiap pribadi mereka.

PEMAHAMAN
Ayat 19-20 memaparkan kisah tentang kebangkitan Kristus yang membuktikan bahwa Ia menang dan hidup. Kisah ini dimulai dengan indikasi sifat ajaib dari Kedatangan Yesus, sekalipun pintu-pintu terkunci. Walapun pintu-pintu tertutup Yesus “datang” ke tengah-tengah murid-Nya dan memberi salam “damai sejahtera bagi kamu (ayat 19). Inilah persekutuan Kristen yang dijalankan degan khidmat oleh murid-murid dan penggenapan janjiNya; dimana dua atau tiga orang berkumpul dalam nama-Nya, di situ Dia ada di tengah-tengah mereka. Salam “Damai sejahtera bagi kamu” memberitahukan bahwa permusuhan telah dihapus, Allah didamaikan.

Yesus menampakkan diri kepada para murid dengan tujuan untuk menjelaskan apa yang misi mereka setelah ini yakni menjadi utusan-utusan Allah untuk menyebarkan Injil ke seluruh dunia (ayat 21). Gereja adalah wakil Allah di dunia ini, menjadi mulut untuk berbicara tentang Yesus dan menjadi kaki dan tangan yang  berjalan dan bekerja bagi KerajaanNya.

Penugasan itu juga dibarengi dengan janji penyertaan Allah Roh Kudus yang memampukan mereka mengerjakan misi dari Allah (ayat 22). Setiap orang yang dipanggilNya pasti akan diperlengkapiNya dengan RohNya dan disertaiNya dengan segala kuasa yang diperlukan. Tuhan Yesus juga mempercayakan otoritas khusus kepada para murid untuk menyampaikan berita pengampunan, membawa orang bertobat dari dosa-dosanya, dan memperingatkan orang yang tidak mau bertobat bahwa mereka kehilangan kemurahan Allah.

REFLEKSI
Ambillah waktu untuk mengucap syukur, bukan atas berkat-berkat yang lain, melainkan secara khusus untuk keselamatan kekal yang Allah karuniakan melalui PuteraNya, Yesus Kristus.

Lalu pikirkanlah apa saja usaha Anda selama ini untuk menunjukkan bakti dan syukur Anda secara nyata atas kehidupan baru yang Allah karuniakan bagi Anda. Jika mungkin ada yang harus Anda tingkatkan lagi, sampaikanlah kepada Tuhan. 

TEKADKU
Tuhan Yesus Juruslamatku berilah aku senantiasa bersyukur atas keselamatan penebusan dosa yang telah Kau anugerahkan kepada kami. Berikan aku kekuatan dan kepekaan untuk mengisi hidupku yang mahal karena darahMu ini dengan hal-hal yang berharga, bukan bagiku tetapi bagi kemuliaanMu. Amin 

TINDAKANKU
Pikirkan dan lakukan hari ini:
3 hal yang akan dapat meningkatkan setiap peranan yang melekat pada diri Anda saat ini, yang menurut Anda kurang Anda jalani dengan maksimal (sebagai ayah – ibu – mertua – menantu – anak – majelis – pengurus – karyawan – pimpinan – tetangga – dll). Lakukan itu dengan sukacita dan antusias untuk menunjukkan bahwa Anda mengisi hidup Anda dengan hal-hal yang berharga, menjadi berkat bagi orang lain dan nama Tuhan dipermuliakan melalui Anda.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«