suplemenGKI.com

ALLAH TURUT BEKERJA

2 Tesalonika 2 : 6-12

 

Pengantar

Apakah Anda pernah pergi ke pantai Kuta di Bali ? Jika pernah, maka di situ Anda akan melihat orang bermain dengan papan selancar. Anda tentu juga akan melihat gelombang tinggi dari laut Selatan datang silih berganti. Gelombang tersebut justru dihadapi dan ditaklukkan oleh si peselancar dengan berbekal sepotong papan tempat berpijak. Gelombang besar nan ganas selalu berusaha untuk menenggelamkan sang peselancar namun di atas papan itu  ia teguh menghadapi gelombang yang menerjang. Begitu pun juga dengan kehidupan manusia.  Ada banyak kejahatan yang bisa menenggelamkan hidup orang beriman, namun teks Alkitab kali ini ingin mengajak kita untuk menyadari bahwa ada kuasa Allah yang menjadi pijakan untuk mengatasi segala gelombang kejahatan.

 

Pemahaman

  • Ayat 6-7         : Apakah yang dimaksud oleh Paulus dengan secara rahasia kedurhakaan telah dimulai?
  • Ayat 8-10       : Dari manakah datangnya pendurhaka dan mujizat-mujizat palsu tersebut?
  • Ayat 11-12    : Bagaimana sikap Allah menghadapi para pendurhaka?

 

Pada teks ini, Paulus ingin mengingatkan jemaat di Tesalonika bahwa “dia yang melakukan perbuatan jahat, telah mulai bekerja secara rahasia”, “dia yang melakukan kejahatan itu, sudah mulai melakukannya dengan sembunyi-sembunyi”. Kalau kedurhakaan itu diartikan sebagai sikap melawan Allah, maka tindakan kejahatan itu adalah perbuatan tidak benar dihadapan Allah. Kejahatan-kejahatan itu tentunya adalah pekerjaan iblis, dikerjakan dengan kuasa Iblis. Bentuknya bisa dalam berbagai hal, yang jelas tujuannya untuk mengacaukan hidup manusia.

Dalam masa di mana Iblis melakukan pekerjaannya, Allah tidak diam saja. Pada ayat ke-12, Paulus mengatakan bahwa Allah akan menghukum orang yang tidak percaya dan berbuat kejahatan.  Sesungguhnya setiap orang yang tidak percaya kepada-Nya menjadi tersesat. Mereka memilih melakukan tindakan-tindakan yang melawan Allah. Maka Allah meminta umatnya untuk setia. Sesungguhnya teguh dan percaya kepada Allah ditengah bahaya tipu daya kuasa jahat adalah pilihan bijak. Yakinlah bahwa  Allah akan menuntun kita, Allah turut bekerja mengalahkan pekerjaan-pekerjaan iblis di dunia ini.

 

Refleksi

Perhatikanlah berita-berita kejahatan yang marak diberitakan. Apakah Anda menyadari adanya modus kejahatan berbalutkan tawaran kebaikan yang kelihatannya menguntungkan? Apakah Anda gentar dan takut terhadap maraknya tipu daya kejahatan itu? Apakah selama ini Anda telah melibatkan Allah untuk mengatasi rasa takut dalam menghadapi tipu daya kejahatan?

 

Tekadku

Tuhan, kiranya Engkau memampukan aku untuk teguh menghadapi pelbagai tipu daya kejahatan dengan tetap berpegang pada-Mu dan percaya bahwa Engkau turut bekerja di dalam kehidupan ini.

 

Tindakanku

Setiap hari aku akan menghadapi tipu daya kejahatan dengan berdoa dan berkata: “ Semangat! Kuasa Tuhan mengatasi kuasa kejahatan! “ Aku akan mengatakan hal itu juga kepada orang lain.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«