suplemenGKI.com

Jumat, 4 Mei 2018

03/05/2018

IMAN YANG MENGALAHKAN DUNIA

1 Yohanes 5:1-6

 

Pengantar

Ada sebuah lagu yang penggalan liriknya berkata demikian:

“Murid Yesus di dunia banyaklah godaan. Nafsu iblis maupun adat selalu menyerang. Lawan dosa dan godaan, serta kuasa setan. Meski aku tak berdaya, Tuhan yang beri menang. Iman yang beri menang, iman yang beri menang. Ajaib kemenangan-Nya yang kalahkan dunia”

Lirik lagu tersebut mengingatkan kepada kita bahwa sebagai dunia selalu menawarkan godaan yang nikmat namun menjerumuskan. Tetapi Tuhan selalu memberikan kemenangan dan memampukan kita untuk mengalahkan godaan-godaan yang ada. Renungan hari ini mengingatkan kita bahwa setiap orang yang percaya kepada Yesus Kristus, memiliki kemenangan untuk mengalahkan godaan-godaan dunia.

Pemahaman

  • Ayat 1             : Tanggung jawab apakah yang harus dilakukan oleh setiap orang yang percaya kepada Kristus?
  • Ayat 2-3         : Apa ciri / tanda dari orang yang mengasihi Allah?
  • Ayat 4-5         : Yohanes menuliskan bahwa semua orang yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Apakah yang dimaksud dengan iman mengalahkan dunia?

Yohanes menegaskan bahwa orang yang percaya kepada Kristus bukan milik dunia, tetapi milik Allah. Oleh karena itu, setiap orang percaya yang notabene adalah milik Kristus dan mengasihi Allah, juga diminta untuk mengasihi sesama orang percaya yang juga lahir dari Allah ( ayat 1 ). Kasih kita kepada mereka akan tampak sejati apabila kita mengasihi mereka bukan hanya karena pertimbangan duniawi, seperti karena mereka kaya, atau terpelajar, atau baik hati kepada kita, atau karena kita berasal dari golongan jemaat yang sama dengan mereka. Sebaliknya, kita harus mengasihi mereka karena mereka adalah anak-anak Allah, yang juga diciptakan seturut gambar dan rupa-Nya. Kasih itu juga tampak pada ketaatan kita dalam melakukan perintah-perintah-Nya ( ayat 2-3 ). Ketika orang percaya melakukan perintah-perintah-Nya, akan dimampukan untuk mengalami kemenangan atas dunia yang penuh dengan godaan. Memiliki iman berarti memiliki relasi yang erat dan tak terpisahkan dari Yesus Kristus. Ketika kita memiliki relasi dengan Yesus dan iman itu terus bertumbuh, maka iman kita akan mampu mengalahkan segala keinginan yang bersifat duniawi ( ayat 4-5 ). Tidak ada kata menyerah dan mundur, karena iman yang kita miliki akan menguduskan hati dan menjauhkan kita terhadap cinta dunia.

Refleksi
Renungkanlah: Sejauh mana saudara menyikapi tantangan jaman ini? Apa yang membuat saudara seringkali mudah terjerumus dalam tantangan yang ada? Mari kita belajar untuk berjalan dengan iman yang benar kepada Yesus Kristus, Tuhan yang telah menebus kita.

Tekadku
Tuhan, kuatkanlah imanku dan murnikanlah hatiku. Aku mau menjauhkan diriku dari cinta terhadap dunia yang dapat menjauhkan relasiku dari-Mu.

Tindakanku
Sebagai seorang yang hidup oleh iman kepada Kristus, aku akan meninggalkan kesenangan duniawi yang saat ini masih ku lakukan. Aku mau lebih erat menjalin persekutuan dengan-Nya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»