suplemenGKI.com

RAHASIA KRISTUS (2)

Efesus 3:7-13

 

Pengantar
Memberitakan Injil itu tidak mudah, ada banyak tantangan, kesulitan dan resiko yang harus kita hadapi. Tantangan resikonya bisa berbagai macam: bisa berupa penolakan, ancaman, dsb. Paulus bahkan berkali-kali menerima penolakan itu. Ia ditolak, dimasukkan ke dalam penjara, bahkan Paulus juga pernah hampir kehilangan nyawanya karena memberitakan Injil. Namun, Paulus tidak pernah takut atau menyerah ketika memberitakan Injil, ia tetap dengan semangat dan berani melakukan itu demi Kristus. Apa yang membuat Paulus tetap setia, berkomitmen dan berani untuk memberitakan Injil? Semua itu adalah karya Kristus bagi Paulus. Mari kita renungkan. 

Pemahaman

  • Ayat 7        : Bagaimana rahasia Kristus mengubah kehidupan Paulus?
  • Ayat 8-13: Dan apakah yang kemudian dilakukan Paulus kepada orang-orang non Yahudi setelah mengetahui rahasia itu?
  • Apakah hubungannya rahasia Kristus tersebut dengan kehidupan iman kita sekarang? Bagaimana saudara menghayati rahasia kristus itu? Apakah dampaknya bagi hidup saudara saat ini?

Rahasia Kristus yang telah dinyatakan kepada Paulus sangatlah berdampak bagi kehidupan Paulus selanjutnya. Setelah mengenal Kristus, Paulus memberikan seluruh hidupnya untuk melayani Kristus. Dampak rahasia Kristus yang besar bagi hidup Paulus selanjutnya adalah (lanjutan dari renungan sebelumnya): (3) Paulus memiliki keberanian untuk datang kepada Allah karena Allah yang telah terlebih dahulu menerima kita dengan mengadakan pendamaian dalam Kristus. Rahasia Kristus menjadi jaminan bagi kita bahwa Allah dalam kemurahan-Nya selalu menerima kita yang datang kepada-Nya. Bagaimana pun keadaan kita, kelamnya hidup kita, Ia tetap sedia menerima kita;

(4) Paulus tidak tawar hati ketika pemberitaan Injilnya ditolak oleh orang-orang yang tidak mau percaya kepada berita Injil. Bahkan ketika dalam penjara sekalipun. Sebab ia percaya pada Kristus dan semua pekerjaan Kristus. Terlebih Paulus juga menasehati para pembaca suratnya supaya mereka juga jangan tawar hati ketika melihat penderitaan dan kesesakan Paulus karena mereka. Paulus menegaskan kepada para pembaca suratnya bahwa kesesakan yang ia alami itu adalah kemuliaan bagi mereka.

Refleksi
Renungkanlah: Percayakah saudara kepada “rahasia Kristus” yang sangat berdampak itu? Apakah saudara juga telah mengalami kuasa dari “rahasia Kristus” itu? Jika sudah bagikanlah pengalaman rohani itu kepada orang-orang di sekitarmu dan tunjukkan dampak itu dalam seluruh aspek kehidupanmu.

Tekadku
Ya Tuhan, berikanlah saya tekad dan keberanian seperti yang dimiliki oleh Paulus untuk memberitakan anugerah keselamatan yang telah saya terima kepada semua orang yang ada di sekitar saya.

Tindakanku
Di manapun saya berada (di rumah, di kantor, di sekolah, di lingkungan) saya akan berusaha menceritakan pengalaman saya bersama dengan Yesus kepada orang yang saya temui setiap hari, minimal 1 orang.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«