suplemenGKI.com

Jumat, 31 Maret 2017

30/03/2017

HIDUP DIPIMPIN OLEH ROH

Roma 8:5-11

 

Pengantar
Sebagaimanusia, hidup kita sering diperhadapkan kepada dua keinginan yaitu keinginan daging dan keinginan Roh. Dan kita cenderung untuk memuaskan keinginan daging kita, padahal itulah yang harus ditinggalkan oleh orang yang sudah percaya dan diselamatkan oleh Tuhan. Rasul Paulus memberitahukan jemaat di kota Roma, bahwa hanya Roh Kudus yang dapat melepaskan dan menghidupkan kita dari kehidupan daging yang mematikan. Hidup di dalam daging adalah sama dengan orang yang belum diselamatkan dan hidup dalam kebinasaan. Bagaimanakah seharusnya cara hidup kita yang sudah diselamatkan oleh Tuhan menurut surat Roma yang ditulisoleh Paulus?

Pemahaman

  • Ayat5-9          : Apakah yang dikatakanoleh Paulus tentang hidup di dalam Roh? Apakah yang dimaksud hidup menurut daging?
  • Ayat10-11     : Apakah karya yang dilakukan oleh Roh Kudus bagi kita?

Perikop dari ayat firman Tuhan yang kita baca ini adalah hidup oleh Roh.  Artinya, setiap orang percaya yang hidupnya telah dimerdekakan dari dosa melalui pengorbanan Kristus di atas kayu salib wajib hidup menurut pimpinan Roh Kudus.  Segala perbuatan dosa  (kedagingan)  harus benar-benar kita tinggalkan. Ayat5-9. Bagian ini menerangkan bagian terakhir dari ayat 4 sekaligus menjelaskan karya Roh Kudus yang lain dalam kehidupan orang percaya. Kontras antara daging dan Roh dalam bagian ini mengindikasikan kebutuhan mutlak orang percaya terhadap pimpinan Roh. Orang yang berada dalam daging selalu memikirkan hal-hal kedagingan (ay. 5), akan menerima maut (ay. 6), merupakan seteru Allah (ay. 7), dan tidak mungkin berkenan kepada Allah (ay. 8).Namun, di ayat 9 dimulai dengan kata “tetapi kamu” yang menyiratkan penekanan pada kontras antara situasi di ayat 5-8 dan 9. Orang percaya berada di dalam Roh, karena Roh Allah tinggal dalam diri mereka.

Ayat10-11.Roh Kudus yang membangkitkan Yesus dari kematian adalah Roh yang sama yang akan membangkitkan tubuh orang percaya dan mereka bisa menikmati hidup kekal.Oleh kuasa Roh Kudus, Yesus dibangkitkan dari kubur dan dengan demikian dibenarkan sebagai Mesias dan Putra Allah yang benar.Sebagaimana Yesus bergantung pada Roh Kudus untuk kebangkitan-Nya, demikianlah orang percaya bergantung pada Roh untuk hidup rohani sekarang dan kebangkitan fisik di masa depan.Hanya orang yang mau hidup dipimpin oleh Roh memampukan dia mematikan keinginan daging dan hidup dalam kebenaran, kekudusan, dan memancarkan buah Roh. Roh Kudus juga berkuasa untuk membebaskan kita dari segala bentuk ikatan dosa yang membelenggu.

Refleksi
Renungkanlah: manakah yang lebih sering kita lakukan selama ini, keinginan daging kita atau hidup dalam pimpinan Roh? Hidup dipimpin oleh Roh akan menuntun kita dalam kebenaran, Roh Kudus juga akan selalu mengingatkan dan menegur kita apabila langkah kaki kita mulai berbelok/melenceng dari kebenaran.

Tekadku
YaTuhan, tolonglah saya supaya lebih peka kepada pimpinan Roh-Mu dan tidak mengikuti kedagingan yang sering mempengaruhi hidupku.

Tindakanku
Bertekad dan bertindak untuk meninggalkan segala keinginan daging dan menyerahkan hidup untuk dipimpin olehRoh. Contohnya:  meninggalkan perselisihan, iri hati, hawa nafsu, amarah, pestapora, dsb.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«