suplemenGKI.com

LANGIT DAN BUMI YANG BARU

Wahyu 21:1-7

 

PENGANTAR
                Segala sesuatu yang baru sangat menarik perhatian bagi setiap manusia, bahkan banyak orang yang berjuang untuk mendapatkan sensasi barang yang baru. Misalnya ada hand phone baru merk tertentu, ada orang yang mau menunggu lama (berjam-jam) di depan pintu toko tersebut. Ada orang yang mau beli mobil baru mau menunggu berbulan-bulan lamanya. Bagaimana kalau kita mendengar ada bumi dan langit yang baru? Apakah kita ingin segera menempatinya? atau menunggu kapan hal itu terjadi? Mari kita merenungkan dari bacaan kita hari ini.
PEMAHAMAN
ay 1-2, Apa yang telah dilihat oleh Yohanes?
ay 3-4, Apa yang Yohanes dengar dalam penglihatannya?
ay 5-7, Apa yang Yohanes dengar dari Dia?

Pada waktu Yohanes di pulau Patmos, Yohanes mendapatkan banyak penglihatan dari Tuhan, salah satunya adalah langit dan bumi yang baru. Yohanes mendapat penglihatan tentang kota Yerusalem yang baru turun dari sorga dengan segala kemegahannya bagaikan pengantin perempuan yang berdandan untuk suaminya. Yohanes juga mendengar bahwa ada kemah Allah yang berada di tengah-tengah manusia, mereka menjadi umat-Nya dan Ia menjadi Allah mereka.

Di Yerusalem yang baru tidak ada air mata, tidak ada perkabungan, ratap tangis, duka cita, yang lama berlalu dan diganti dengan yang baru. Tuhan telah menjadikan segala sesuatu yang baru.

Yohanes juga mendengar dari Firman-Nya bahwa Tuhan adalah Alfa dan Omega, yang Awal dan yang Akhir, Ia akan memberikan minum dari mata air kehidupan. Ini semua diberikan kepada mereka yang telah menang dan yang telah menjadikan Tuhan raja dalam kehidupannya.

Yohanes dipakai Tuhan untuk memberikan penghiburan dan pengharapan dalam Tuhan. Ketika umat-Nya sedang mengalami penderitaan dan tekanan hidup yang tinggi baik dari masyarakat maupun pemerintah yang ada pada waktu itu, Tuhan memperkenankan Yohanes memberikan kekuatan kepada mereka semua dengan penglihatan yang Tuhan berikan.

Tuhan mengerti apa yang sedang dialami oleh umat-Nya, baik kesusahan, penderitaan, air mata dan perkabungan. Tuhan berjanji itu semua kan dihapuskan dengan adanya Yerusalem yang baru. Tuhan itu adalah Tuhan yang mengawali (Alfa) semua yang ada di dunia ini dan Tuhan yang juga akan mengakhiri (Omega). Tuhan terus mengharapkan supaya umatNya boleh bertahan dalam penderitaan dan keluar sebagai umat yang menang, dimana mereka semua akan dikumpulkan di Yerusalem yang baru.

REFLEKSI
Ambil waktu untuk merenungkan: seberapa besar antusias saudara untuk hidup di Yerusalem yang baru? Apa yang sudah kita siapkan untuk hidup di Yerusalem yang baru (sorga)?

TEKADKU
Ya Tuhan, ampunilah kami karena kami lebih tertarik dengan apa yang ada di dunia ini, bahkan kami tidak mempedulikan lagi iman kami, ampunilah kami dan perbaharuilah iman kami.

TINDAKANKU
Saya berusaha untuk lebih tertarik dengan hal-hal sorgawi, hidup dalam iman dan mengimani Kristus dalam hidup ini.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«