suplemenGKI.com

Jumat, 30 Juni 2017

29/06/2017

Mazmur 89:1-19

AYO MEMUJI TUHAN!

PENGANTAR
Mazmur 89 digolongkan sebagai “mazmur raja’ karena berisi pengalaman raja Daud menjalani hidupnya bersama Tuhan. Untuk mempelajarinya, kita akan mengurai mazmur ini menjadi tiga bagian:

1) Puji-pujian kepada Tuhan (ay. 1-19),

2) Kesetiaan Tuhan kepada Daud (ay. 20-38)

3) Doa permohonan kepada Tuhan (ay. 39-52)

Kita akan mempelajari masing-masing bagian itu selama tiga hari berturut-turut. Hari ini kita akan memulainya dengan bagian yang pertama, ay. 1-19. Di bagian ini kita akan melihat betapa pentingnya membangun kebiasaan untuk memuji Tuhan.

PEMAHAMAN

Ay. 2-5        Apa yang menggerakkan hati pemazmur untuk memuji Tuhan?

Ay. 6-15      Dalam hal apa sajakah Tuhan menunjukkan keajaiban dan kesetiaan-Nya?

Ay. 16-19   Berkat apa sajakah yang tersedia bagi orang-orang yang memuji Tuhan?

Pemazmur ingin memuji Tuhan karena ia telah mengalami kasih setia-Nya yang kekal. Pemazmur tahu bahwa kasih setia Tuhan itu berlaku tidak hanya di sepanjang hidupnya, namun terus berkelanjutan hingga ke anak cucunya (ay. 4-5). Karena itu, puji-pujian pemazmur juga bersifat turun-temurun (ay. 2b). Artinya, puji-pujian yang dinaikkan pemazmur adalah ajakan sekaligus ajaran bagi generasi berikutnya agar mereka juga senantiasa memuji Tuhan. Sebenarnya, kebiasaan kita memuji Tuhan juga akan berdampak terhadap orang-orang di sekitar kita, khususnya keluarga kita.

Pemazmur bersaksi tentang keajaiban dan kesetiaan Tuhan yang ditunjukkan-Nya, baik melalui alam ciptaan-Nya maupun umat-Nya. Dengan keajaiban dan kesetiaan-Nya, Tuhan menjaga kehidupan alam semesta ciptaan-Nya (ay. 6-13). Demikian pula, dengan keajaiban dan kesetiaan-Nya, Tuhan melindungi dan memimpin kehidupan umat-Nya (ay. 14-15). Sama seperti Tuhan memelihara alam ciptaan-Nya, Tuhan juga akan memelihara umat-Nya.

Orang-orang yang senantiasa memuji Tuhan akan hidup dalam cahaya wajah-Nya (ay. 16). Artinya, mereka akan menikmati hubungan yang akrab dengan Tuhan dan hidup dalam kasih karunia-Nya (bandingkan dengan Bil. 6:25). Selain mengalami perlindungan Tuhan (ay. 19), tanduk yang meninggi (ay. 18). Ini berarti bahwa kekuatan mereka (untuk menjalani tantangan kehidupan) juga akan meningkat (lihat juga ay. 25). Cukup jelas bahwa kebiasaan memuji Tuhan akan mendatangkan berkat bagi kehidupan kita, terutama berkat-berkat rohani. Apakah Anda termasuk orang yang suka memuji Tuhan?

REFLEKSI
Kita semua mengharapkan Tuhan mencurahkan berkat-Nya kepada kita setiap hari, namun apakah kita juga memuji Dia setiap hari?

TEKADKU
Ya Tuhan, mampukanlah aku melihat keajaiban dan kasih setia-Mu setiap hari, agar puji-pujian kepada-Mu hadir setiap hari dalam hidupku.

TINDAKANKU
Dalam, seminggu ini, setiap hari aku akan menyanyikan (atau, mendengarkan) minimal satu lagu puji-pujian kepada Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*