suplemenGKI.com

Jumat, 28 Mei 2021

27/05/2021

Mazmur 29

KEBESARAN DAN KEAGUNGAN TUHAN

 

PENGANTAR
Pernahkah kita membaca dan menyaksikan di layar televisi atau surat kabar tentang kondisi alam semesta ? Tahukah kita bahwa bumi adalah bagian kecil dari galaksi Bima Sakti yang sangat besar dan bahwa selain galaksi Bima Sakti ada galaksi-galaksi lain di alam semesta ? Bisakah kita membayangkan betapa luas dan besarnya alam semesta dan siapakah yang menciptakan dan mengatur semuanya itu ? Atau pernahkah kita melihat alam di sekitar kita ? Berbagai tumbuhan dan hewan hidup di sekitar kita. Siapakah yang menciptakan dan juga mengatur semuanya ? Pemazmur mengajak setiap orang untuk merenung dan berefleksi tentang kebesaran dan keagungan Tuhan yang luar biasa.

PEMAHAMAN

Ayat 1-2      Ajakan apa yang disampaikan pemazmur dalam nyanyiannya ?

Ayat 3-11    Bagaimanakah alam memperlihatkan kehadiran Tuhan ? Dan harapan apa yang disampaikan pemazmur kepada Tuhan bagi umat-Nya ?

Mazmur pujian ini adalah Mazmur dari Daud. Mazmur pujian ini biasanya dinyanyikan saat umat merayakan hari Raya Pondok Daun. Dalam mazmur pujiannya, Daud menyampaikan ajakan untuk sujud menyambah kepada Tuhan. Ajakan ini tentu bukan tanpa alasan. Pemazmur tentu memiliki segudang pengalaman iman sebagai alasan bagi umat untuk sujud menyembah kepada Tuhan.

Dalam nyanyiannya, pemazmur menceritakan kebesaran dan keagungan Tuhan. Suara-Nya  menggetarkan dan menimbulkan reaksi-reaksi alam. Pemazmur mengungkapkan hal itu untuk memperlihatkan bahwa Tuhan berkuasa atas semua dan semua tunduk kepada-Nya.  Hal itulah yang mendorong pemazmur menaikan doa dan harapan agar Tuhan yang Maha besar dan dasyat itu memberikan kekuatan dan berkat-Nya bagi umat.

Daud menyampaikan nyanyian yang berisi pengakuan atas kebesaran dan keagungan Tuhan. Daud mengajak umat di masanya untuk tidak berhenti memuji memuliakan kebesaran dan keagungan Allah. Namun bagaimanakah umat dimasa sekarang ? Adakah umat di masa sekarang juga merefleksikan dan mengimani hal yang sama. Khususnya ketika umat di masa sekarang diperhadapkan pada banyak persoalan dan kesulitan hidup.

Pandemi covid-19 telah mengakibatkan dampak negatif bagi kehidupan umat Tuhan. Berbagai perubahan telah terjadi dalam kehidupan umat dimasa sekarang. Tidak sedikit yang mengalami keterpurukan, kegagalan dan keputusasaan. Namun melalui nyanyian pemazmur umat hendak dikuatkan untuk tetap menjalani kehidupannya dengan iman yang teguh kepada Tuhan. Bahwa Tuhan yang berkuasa atas alam semesta berkuasa juga atas kehidupan umat. Tuhan sanggup mengubah kehidupan umat-Nya.

REFLEKSI
Kebesaran dan keagungan Tuhan tidak dapat disaingi oleh kekuatan atau kuasa apapun di alam semesta. Tuhan adalah Raja, demikian kata pemazmur dalam nyanyiannya. Berbagai persoalan dan kemelut dalam kehidupan umat dapat diatasi bersama dengan Tuhan. Umat diajak untuk tidak pernah berhenti percaya dan menyandarkan hidup kepada-Nya.

TEKADKU
Ya Allah, mampukan kami untuk tetap percaya dan yakin akan kuasa-Mu meski kami menghadapi banyak persoalan dalam kehidupan kami.

TINDAKANKU
Tekun berdoa memohon pertolongan Tuhan di masa sulit sambil mengupayakan apa yang bisa dilakukan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»