suplemenGKI.com

Bacaan : Galatia 5 : 16 – 25

Thema : Hidup dipimpin Roh mengalahkan keinginan daging

PENGANTAR.
Orang Kristen yang sejati harus hidup seperti Kristus. Namun hal itu bukanlah perkara yang  gampang. Proses demi proses harus dilalui dan terjadi dalam hidup ini untuk membentuk karakter kita, agar semakin disempurnakan seperti Kristus. Namun dalam proses yang dijalani, keinginan daging seringkali muncul dalam kehidupan kita, untuk menghambat proses yang kita jalani. Tak jarang orang Kristen harus gagal dan putus asa menghadapi keinginan daging yang begitu kuat. Ada pula yang bertanya, mengapa sulit sekali menjalani hidup dalam pimpinan Roh Kudus.

PEMAHAMAN.

  1. Apa yang dimaksud keinginan daging ? mengapa keinginan daging harus dikalahkan ? (ayat 17 – 21 )
  2. Apa yang di maksud buah Roh ? dari mana buah Roh berasal ? bagaimana kita dapat hidup dipimpin oleh Roh ? ( ayat 16, 22-25 )

Keinginan daging adalah  keinginan yang menunjuk kepada suatu gairah, hasrat dan cara bertindak yang berasal dari dorongan kebutuhan daging, kebutuhan jasmani dan nafsunya. Tentu hal ini berdasarkan pertimbangan yang bukan dari Allah. Sejak lahir atau masa kanak-kanak manusia sudah membangun cara dan pola berpikir yang demikian. Dan semua manusia telah membangun dirinya dengan keinginan daging. Hal inilah yang membuat manusia hidup menurut daging  artinya dalam memilih, mengambil keputusan dan bertindak berdasarkan cara berpikir kedagingan atau keduniawian.

Rasul Paulus menegaskan bahwa perbuatan daging telah nyata, yaitu percabulan, kecemaran, hawa nafsu,  penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah dan lain sebagainya ( ayat 19-21 ). Semua keinginan daging tersebut harus di lawan dan dikalahkan karena keinginan daging selalu bertentangan dengan keinginan Roh. Dan Tuhan menyatakan bahwa siapapun yang hidupnya masih dikuasai oleh keinginan daging  ia tidak mendapat bagian dalam kerajaan Allah.

Karena itu agar hidup kita tidak dikuasai oleh keinginan daging, maka hendaklah kita hidup oleh Roh. Ketika kita hidup oleh Roh, di pimpin oleh Roh  maka kita akan hidup didalam Firman Tuhan dan  doa serta melakukan Firman-Nya maka hidup kita akan memiliki buah-buah Roh. Hidup dipimpin oleh Roh Kudus yang membuahkan buah-buah Roh yang akan dapat mengalahkan keinginan dan perbuatan daging. Amarah akan dikalahkan oleh kesabaran, percabulan, kecemaran dan hawa nafsu akan dikalahkan oleh penguasaan diri. Kejahatan, perselisihan dan yang lainnya akan dikalahkan oleh kebaikan.  Oleh sebab itu hiduplah di dalam Tuhan dan di dalam Roh sehingga karakter kita akan menjadi semakin sempurna seperti Kristus. Selamat menjalani hidup didalam pimpinan Tuhan.

REFLEKSI.
Marilah kita merenungkan : Apakah anda hidup menurut keinginan daging atau hidup dipimpin Roh Kudus ?

TEKADKU.
Ya Tuhan, ampunilah saya  karena seringkali saya tidak mampu melawan keinginan daging. Pimpinlah saya agar dapat mengalahkan keinginan daging.

TINDAKANKU
Mulai hari ini saya akan patuh dan hidup menurut Firman Tuhan, dan hidup menurut pimpinan Roh Kudus.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«