suplemenGKI.com

KOLOSE 3:15-17

SYARAT PERTUMBUHAN MANUSIA BARU

 

PEMAHAMAN

          Dalam kamus umum Bahasa Indonesia, istilah syarat berarti ketentuan/peraturan, petunjuk yang harus diindahkan atau dilakukan. Sedang arti kata ‘tumbuh’ adalah timbul (hidup) dan bertambah-tambah besar atau bertambah tambah sempurna.

Kedua istilah tersebut ternyata juga berlaku dalam kehidupan orang percaya. Kita tidak hanya dipanggil untuk percaya kepada Kristus, tetapi juga untuk mengalami pertumbuhan iman. Sebagaimana renungan kita pada hari sebelumnya, Paulus mengatakan bahwa orang Kristen harus hidup dalam kebangkitan dan wajib memantikan segala sesuatu yang duniawi (Kolose 3:5). Orang Kristen dipanggil untuk mengenakan manusia baru (3:10) yang sedang diperbaharui terus-menerus oleh pencipta yaitu Allah menurut rupaNya sendiri.

Pertumbuhan itu tidak terjadi dengan otomatis, melainkan ada usaha dan situasi yang harus kita kondisikan agar pertumbuhan itu terjadi. Ayat 16 memberikan tuntunan kepada kita tentang syarat pertumbuhan itu. Syaratnya tidak banyak, hanya satu saja, yaitu kita harus membiarkan perkataan Kristus diam di antara kita (diam: tinggal tetap).  Hanya orang yang hidup dekat dengan firman Tuhan akan mampu mengajar orang lain dengan hikmat Tuhan, akan mampu memberikan nasihat atau menegur orang lain dengan wibawa ilahi, akan mampu mengajak orang untuk memuji Allah dalam mazmur/pujian, maupun dalam ucapan syukur. 

Tanpa firman Tuhan, kita tidak akan mampu melakukan itu semua dengan baik dan benar.

 REFLEKSI
Ada banyak peranan orang Kristen bagi hidup orang lain.  Sebab memang Allah tidak menghendaki orang yang sudah diselamatkan hanya sibuk hidup untuk urusannya sendiri. Peranan-peranan itu, sebagaimana yang diungkapkan di ayat 16 hanya akan bisa kita lakukan ketika kita hidup dalam hubungan yang beres dengan Tuhan, mencintai dan mengikuti ajaran firman Tuhan.  Itu semua juga berarti, ketika orang percaya tidak memiliki hubungan yang beres dengan Tuhan, tidak mengalami pertumbuhan rohani, maka sama saja dengan menjalani hidup yang sia-sia sebab tidak berguna bagi orang lain.  Dan jika benar kenyataan itu yang terlihat, maka bisa jadi orang semacam itu bukanlah orang yang sudah percaya kepada Tuhan dengan sungguh-sungguh. Maukah kita mengejar pertumbuhan rohani kita secara utuh? Dalam pikiran, menjadi berkat bagi sesama.

TEKAD
Mari bertekad untuk memiliki hubungan yang beres dengan Tuhan, supaya pertumbuhan rohani Anda benar-benar terlihat dan berdampak bagi kehidupan orang-orang di sekitar Anda.

 

TINDAKAN
Apa yang akan Anda lakukan hari ini dan seterusnya dalam rangka membuat Anda semakin mengerti akan Firman Tuhan?

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«