suplemenGKI.com

Orang Yang Takut Akan Tuhan

 

Amsal 22:2-16

 

Pengantar
Banyak orang yang hidup di dunia ini ingin menyenangkan hati sesamanya, suami menyenangkan hati istrinya, orang tua berusaha menyenangkan hati anaknya, karyawan ingin menyenangkan hati tuannya, demikian juga sebaliknya. Pernahkah kita berpikir bagaimana menyenangkan hati Tuhan? Amsal mengajarkan hal itu kepada kita semua.

Pemahaman
Ay 1-3, apa yang diajarkan amsal tentang hidup ini?

Ay 4-5, apa pahala dari orang yang percaya kepada Tuhan dan hormat kepadaNya?

Ay 6, apa yang harus dilakukan orang tua terhadap anak-anaknya?

Ay 7-11, sikap-sikap apa yang harus dimiliki oleh orang-orang yang takut akan Tuhan?

Ay 12-16, sikap-sikap apa yang harus dihindari oleh orang yang takut akan Tuhan?

Amsal melihat bahwa orang dihargai oleh sesamanya bukan dari harta yang ia peroleh, namun bagaimana ia menjaga nama baiknya itu lebih penting, bahkan menjadi orang yang dikasihi oleh orang lain jauh lebih berharga dari emas dan perak.

Amsal mengajarkan bagaimana orang seharusnya takut akan Tuhan dalam pengertian menghormati Tuhannya. Sikap-sikap inilah yang harus dikembangkan: kerendahan hati, baik hati, mencintai kesucian hati, perkataannya manis didengar, menyimpan dalam hati hal-hal yang baik, mengajarkan hal-hal yang benar, senang dengan nasihat dan pengetahuan.

Sedangkan sikap-sikap inilah yang harus dihindari: memasang perangkap bagi orang lain, menabur kecurangan,  suka marah, pertengkaran, perbantahan, cemoohan, mengkhianati, menindas orang lemah, mencari keuntungan sendiri, lekas gusar dan malas bekerja.

Orang yang takut akan Tuhan akan mengembangkan terus menerus sikap-sikap yang baik sebagai wujud hidup menghormati Tuhannya dan sebaliknya akan mematikan sikap-sikap yang akan merusak orang lain dan juga dirinya sendiri.

Mari dalam hidup ini kita boleh menjadi orang-orang yang senantiasa menyukakan hati Tuhan dengan melakukan yang baik dan benar di dunia ini.

Refleksi
Ambil waktu beberapa menit untuk merenungkan sikap hidup kita terhadap Tuhan? Apakah selama ini saya sudah menjadi orang-orang yang takut akan Tuhan?

Tekadku
Ya, Tuhan Yesus, ajarku menjadi orang-orang yang takut akan Tuhan, dengan mengembangkan sikap-sikap yang baik terhadap sesamaku sebagai wujud kasihku kepadaMu.

Tindakanku
Mengingat satu sikap baik hari ini dan melakukan pada orang yang saya jumpai hari ini.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*