suplemenGKI.com

JUMAT, 27 JUNI 2014

26/06/2014

Roma 6:12-15

SENJATA ALLAH

 

Pengantar
Kehidupan beriman seringkali dipandang sebagai hal yang absrtak, yang hanya berkaitan dengan jiwa manusia.  Betulkah demikian?  Melalui rasul Paulus, dia mengingatkan kepada kita bahwa kehidupan beriman tidak hanya berkaitan dengan jiwa, tetapi juga dengan tubuh.

Pemahaman
Ayat 12-13: Menurut rasul Paulus, bagaimana seharusnya kita meggunakan tubuh kita?

Ayat 14: Apakah kita sekarang masih di bawah hukum Taurat?

Kekristenan bukan hanya berkaitan dengan hal-hal yang bersifat rohani saja, tetapi juga berkaitan dengan kehidupan sosial.  Oleh sebab itu, sebagai orang percaya kita dituntut untuk tidak hanya beriman kepada Kristus tetapi juga mewujudkan iman dalam kehidupan secara nyata.  Rasul Paulus sangat memahami, bahwa orang percaya diibaratkan seperti berada dalam suatu medan pertempuran antara ALLAH dan DOSA.  Itulah sebabnya diingatkan kepada kita untuk menggunakan tubuh kita sebagai senjata Allah dalam menyampaikan kebenaran-Nya, bukanlah justru menyerahkan tubuh yang lemah ini untuk alat dosa.

Pergumulan itu tidak mudah.  Hal itu tidak mungkin bisa kita lakukan, apabila kita tidak menyadari bahwa sesunggunya hidup kita berada dalam kasih karunia karena Penebusan Tuhan Yesus.  Kita tidak lagi memandang Allah sebagai hakim yang menghitung dosa-dosa kita, tetapi memandang Allah sebagai DIA yang mengasihi jiwa kita. Maka kehidupan kekristenan bukan lagi suatu beban melainkan suatu anugerah kasih yang harus disyukuri.  Dengan demikian ketika kita harus meninggalkan dosa bukan karena takut dihukum, melainkan karena kasih kita kepada Allah yang telah memberi kita hidup.

Refleksi
Jadi apakah kita akan tetap berbuat dosa karena kita tidak lagi dibawah hukum Taurat?  Mari kita koreksi diri, apakah selama ini kita telah menggunakan tubuh kita dengan benar yaitu memakai tubuh kita untuk hal-hal yang bermanfaat dan mendatangkan kebaikan, dan mengambil bagian dalam pelayanan pekerjaan Tuhan?

Tekadku
Tuhan betapa sering saya lupa bahwa tubuh ini bisa Kau pakai sebagai senjata-Mu dalam menyampaikan kebenaran-Mu, tolong saya ya Tuhan untuk bisa selalu menyediakan diri melayani-Mu.

Tindakanku
Mulai hari ini aku tidak akan menolak lagi bila diriku dibutuhkan oleh gereja atau siapapun untuk ikut dalam pelayanan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«