suplemenGKI.com

Jumat, 27 April 2018

26/04/2018

ASLI ATAU PALSU

1 Yohanes 4:1-6

 

Pengantar
Sekarang ini banyak penipuan terjadi dan terus menerus berkembang dalam berbagai cara, misalnya: mengaku sebagai petugas listrik ternyata berniat merampok, mengaku babysitter ternyata penculik anak, menjual barang yang palsu, dst.  Untuk membedakan mana yang asli atau palsu, kita harus mengerti dan mempelajari ciri-ciri atau tanda-tanda dari yang asli atau benar. Demikian juga dengan roh yang diajarkan oleh Allah. Mari kita renungkan!

Pemahaman

  • Ayat 1     : Nasehat apakah yang diberikan oleh Yohanes? Mengapa kita tidak boleh percaya pada setiap roh?
  • Ay. 2-6   : Bagaimana cara kita membedakan Roh Allah dengan roh yang lain?

Sebelumnya Yohanes telah membahas masalah ajaran sesat (1 Yoh 2:15-17, 22-33). Ia mengulang pokok ini dengan tujuan agar pembacanya tidak tertipu. Yohanes memperingatkan jemaat supaya tidak percaya kepada setiap roh, dan kita diminta untuk menguji setiap roh yang kita temui apakah itu berasal dari Allah atau bukan. Karena ada banyak nabi-nabi palsu yang muncul di tengah-tengah orang percaya dan pergi ke seluruh dunia (Ay. 1).  Kita harus menguji tiap pengalaman dan fenomena spiritual, apakah berasal dari Allah atau tidak.

                Cara membedakan Roh Allah dengan roh yang berasal dari dunia adalah: 1) Setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah. 2). Setiap roh yang menolak kebenaran tentang Yesus adalah antikristus (Ay. 3). Itulah sebabnya, cara terbaik untuk bertumbuh dalam kemampuan membedakan pengajaran adalah dengan tinggal di dalam Yesus dan bertumbuh di dalam pengetahuan kita tentang Dia (3:24). Bila kita tidak aktif di dalam Yesus dan belajar tentang Dia, maka kita akan lebih rentan saat mendengar pengajaran yang lain (pengajaran yang menyimpang dengan kebenaran). Walau demikian, sebagai anak-anak Allah kita tidak perlu takut pada roh antikritus karena Roh Allah yang berdiam di dalam kita lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia (Ay. 4). Yang terpenting adalah mempelajari Firman Tuhan dan mentaatinya. Allah akan melindungi umat-Nya melalui pengetahuan dan pemahaman akan kebenaran. Hidup kita akan dijaga dan diberi kepekaan untuk membedakan roh, mana yang berasal dari Allah dan mana yang bukan. 

Refleksi
Renungkanlah:Peperangan rohani melawan nabi-nabi palsu tidak membutuhkan kekuatan fisik, tetapi ketahanan iman dan keyakinan akan kuasa firman dalam kehidupan anak-anak-Nya.

Tekadku
Ya Tuhan, berikan saya kepekaan untuk bisa membedakan roh yang tidak berasal dari pada-Mu. Dan tolong saya untuk bisa lebih semangat dalam belajar Firman yang adalah Kebenaran.

Tindakanku
Saya akan lebih rajin membaca Alkitab dan mendalami firman-Nya, supaya saya lebih memahami dan bisa membedakan mana pengajaran yang berasal dari Allah dan pengajaran yang menyesatkan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«