suplemenGKI.com

Jumat, 26 Juni 2015

25/06/2015

SALING BERBAGI

 

2 Kor 7:2-16

 

Pengantar
Bagi sebagian orang hal memberi itu adalah mudah, namun bagi sebagian orang hal memberi itu adalah hal yang sulit dan banyak pertimbangan. Banyak juga orang tidak mau memberi atau berbagi karena merasa hidupnya belum berkecukupan atau masih merasa kurang, sehingga orang yang semacam ini mau memberi kalau merasa hidupnya sudah berkelimpahan. Namun bagi sebagian orang, memberi tidak perlu menunggu sampai menjadi orang yang kaya-raya, memberi bagi orang ini selalu berkaitan dengan kebaikan hatinya. Bagaimana dengan jemaat di Korintus?

Pemahaman
Ay 2-4, Apa yang dirasakan Paulus terhadap jemaat di Korintus?
Ay 5-6 Apa yang Paulus katakan tentang jemaat di Makedonia?
Ay 6-7,13-16, Kabar apakah yang dibawa oleh Titus?
Ay 8-12 , Apa yang telah Paulus lakukan kepada jemaat di Korintus?

Pada bagian ini seakan-akan Paulus memohon dengan sangat supaya jemaat Korintus mau menerima dia, bahkan Paulus memberitahukan bahwa tidak ada seorang yang dirugikan oleh kedatangan Paulus di Korintus. Paulus malah menyebut bahwa jemaat di Korintus sudah ada di hatinya. Namun Paulus masih menghimbau untuk jemaat Korintus menerima dia.

Hal ini sebenarnya Paulus katakan berkaitan dengan peran serta jemaat di Korintus terhadap jemaat di Yerusalem yang waktu itu sedang menderita. Paulus berharap besar dan banyak terhadap jemaat di Korintus, namun yang terjadi justru mengecewakan.

Paulus membandingkan penerimaan jemaat Korintus dengan jemaat di Makedonia. Jemaat di Makedonia termasuk jemaat yang miskin dan sedang mengalami berbagai macan pencobaan. Namun ketika mereka mendengar kabar bahwa jemaat di Yerusalem kekurangan, mereka memiliki kemurahan hati yang luar biasa, mereka memaksa Paulus untuk menerima pemberian dari jemaat di Makedonia. Hal yang paling membanggakan ternyata jemaat di Makedonia memberi melebih kemampuan mereka (2 Kor 8:1-5).

Paulus ingin mengajak jemaat di Korintus menyadari bahwa keadaan mereka jauh lebih baik dari jemaat di Makedonia, mereka lebih kaya, lebih punya banyak karunia Roh, lebih punya jemaat yang mapan. Maka Paulus berharap jemaat di Korintus lebih peduli dengan jemaat di Yerusalem yang sedang menderita. Paulus ingin jemaat di Korintus dapat menghayati hidup yang saling berbagi satu dengan yang lain.

Refleksi
Renungakan sejenak: apakah anda lebih suka memberi atau menerima dari orang lain?
Apa yang menjadi pertimbangan anda untuk saling berbagi dengan sesama?

Tekad
Ya, Tuhan ampunilah kalau kami lebih senang menerima dari pada berbagi dengan sesama kami. Ajarilah untuk kami mau hidup berbagi dengan orang-orang yang lebih membutuhkannya.

Tindakan
Hari ini, saya mau berbagi dengan orang lain, baik berbagi waktu (memperhatikan) atau harta saya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«