suplemenGKI.com

Jumat, 26 April 2019

25/04/2019

Bacaan : Wahyu 1 : 7 – 8

Tema : Dialah Alfa dan Omega

PENGANTAR
Alfa adalah huruf pertama dalam abjad Yunani, sedangkan Omega adalah huruf terakhir dalam abjad Yunani. Dengan memakai Alfa dan Omega Yesus memperkenalkan Diri-Nya di kitab Wahyu sebagai permulaan dan akhir dari segala sesuatu. Tentunya ada makna tertentu di balik penggunaan nama tersebut. Melalui renungan hari ini kita akan menyimak dengan sessama.

PEMAHAMAN

  1. Rasul Yohanes mengajak jemaat-jemaat di Asia kecil untuk melihat kedatangan Yesus yang ke dua kali. Apa maknanya bagi mereka ? ( ayat 7 )
  2. Apa pengertian dari penyataan Yohanes bahwa Yesus adalah Alfa dan Omega bagi jemaat-jemaat di Asia kecil ? ( ayat 8 )

Ayat 7 menunjuk kepada kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali. Ini merupakan tema besar dari kitab Wahyu. Namun hal itu merupakan sumber penghiburan dan kekuatan bagi orang Kristen yang tertindas dan teraniaya. Sebutan kata “awan” dapat memiliki arti kehadiran dan kemuliaan Tuhan. Jadi Tuhan Yesus akan datang kedua kalinya dengan “awan-awan” maksudnya adalah bahwa Ia akan datang kedua kalinya dengan kemuliaan-Nya sehingga semua umat percaya akan mengenali-Nya sebagai Tuhan.

Dalam pemahaman lain rasul Yohanes menyatakan bahwa Yesus adalah Alfa dan Omega. Alfa dan Omega merupakann istilah yang dipakai untuk merujuk kepada Pribadi yang menyebabkan dan yang menguasai dan yang menciptakan alam semesta dan isinya. Jadi dalam ayat 8 ini ketika Tuhan Yesus mengatakan sebagai Alfa dan Omega, yang ada dan sudah ada dan yang akan datang; Yang Mahakuasa. Hal itu menunjuk bahwa Dia, Tuhan yang hadir dari sejak awal penciptaan hingga pada akhir dari dunia ini. Dialah Tuhan yang Mahakuasa yang keberadaan-Nya adalah KEKAL. Jika demikian maka hal ini hendak menjelaskan kepada setiap umat percaya bahwa dalam perjalanan hidup umat percaya ketika diperhadapkan pada situasi yang sulit maka hendaklah umat percaya trtap yakin bahwa kasih dan kemurahan Tuhan Allah tetap nyata dalam hidup umat percaya.

Dengan mengenal Yesus sebagai Alfa dan Omega biarlah iman kita makin diteguhkan bahwa Yesus Kristus benar-benar Allah sejati yang selalu hadir di tengah-tengah umat-Nya. Oleh sebab itu percayakan hidupmu kepada Yesus Kristus. Amin.

REFLEKSI
Marilah kita merenungkan  : Di tengah pergumulan dan penderitaan seberat apapun, apakah saudara merasakan kehadiran Tuhan yang menopang dan menguatkan saudara ?

TEKADKU
Ya Tuhan, topanglah hidup saya, agar saya sanggup menjalani hidup yang sulit dan berat ini.

TINDAKANKU
Saya harus terus belajar percaya dan menyerahkan diri kepada Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«