suplemenGKI.com

MILIKILAH HATI KRISTUS

Filipi 2 : 1 – 11

 

PENGANTAR
Gereja berarti persekutuan orang-orang yang dipanggil keluar dari kegelapan menuju terang-Nya yang ajaib. Sudah barang tentu orang-orang yang dipanggil keluar tersebut ada yang benar-benar sudah lahir baru, ada yang sedang dalam proses tapi juga ada yang masih hidup sebagai orang kristen duniawi. Ada orang yang rendah hati, penuh kasih sayang tapi juga ada yang egois. Dan perlu diketahui bahwa sering terjadinya perselisihan disebabkan oleh orang kristen duniawi. Di jemaat Filipi pada waktu itu terjadi perselisihan yang mengancam perpecahan. Melihat hal itu rasul Paulus turun tangan menolong. Nah dalam bacaan hari ini kita akan merenungkan bagaimana sikap yang harus dimiliki oleh jemaat agar terhindar dari perselisihan dan perpecahan.

PEMAHAMAN

  1. Apakah dasar bagi rasul Paulus dalam menolong persoalan yang terjadi ? ( ayat 1 )
  2. Apakah nasehat rasul Paulus bagi jemaat Filipi ? ( ayat 2 – 4 )
  3. Mengapa rasul Paulus memakai contoh teladan Kristus ? ( ayat 5-11 )

Menurut catatan Alkitab gereja Filipi adalah gereja yang cukup baik, hal ini terlihat dari banyaknya pujian dari rasul Paulus kepada mereka. Misalnya Fil 1 : 5 “Aku mengucap syukur kepada Allahku karena persekutuanmu…”, 4 : 10 “Aku sangat bersukacita…”  ( 4:14-18).  Namun jemaat Filipi juga bukan gereja yang sempurna, karena terjadi perselisihan yang mengancam pada perpecahan ( 4:2). Oleh sebab itu rasul Paulus, mendasarkan kepada kasih sayang Kristus untuk menolong jemaat Filipi ( ayat 1 ).

Agar jemaat Filipi dapat keluar dari persoalannya maka rasul Paulus menasehatkan beberapa hal untuk dihidupi oleh jemaat filipi. Pertama : Tidak mencari kepentingan sendiri dan puji-pujian yang sia-sia ( ayat 2-3a ). Kedua : Rendah hati dan menganggap orang lain lebih baik dari diri kita ( ayat 3b ). Ketiga : Jangan hanya memperhatikan kepentingan diri sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga ( ayat 4 ) Keempat :  Meneladani Yesus Kristus ( ayat 5-11 ).

Bahkan rasul Paulus memberikan contoh dalam Diri Kristus. Yesus Kristus yang adalah Tuhan, rela melepaskan identitas  Ilahi-Nya, merendahkan diri menjadi hamba dan rela menderita sampai mati di kayu salib. Hati Kristus yang penuh cinta kasih inilah yang harus dimiliki oleh setiap umat percaya agar dalam kehidupan berjemaat penuh kasih mesra. Amin. 

REFLEKSI
Marilah kita merenungkan : Sebagai anggota jemaat, apakah anda sudah memiliki hati Kristus ? 

TEKADKU
Ya Tuhan, ampunilah saya, karena seringkali saya menjadi orang kristen yang duniawi. Tolonglah saya memiliki hati Kristus yang rendah hati dan penuh cinta kasih. 

TINDAKANKU
Saya harus berjuang memiliki hati Kristus yang rendah hati dan penuh cinta kasih.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*