suplemenGKI.com

Bacaan : 2 Timotius 4 : 6-8

Tema : Memelihara Iman sampai akhir

PENGANTAR
Rasul Paulus menggunakan analogi “pertandingan”, untuk menggambarkan kehidupan kekristenannya. Pertandingan yang dijalaninya bukanlah sebuah perjuangan suram dan penuh penderitaan, tetapi suatu pertandingan yang menuntut segenap semangat dan pengabdian kepada Tuhan. Rasul Paulus telah bertanding melawan berbagai tantangan dan pencobaan baik yang berasal dari iblis, keburukan orang Yahudi, kekafiran, Yudaisme, guru-guru palsu, pemutarbalikan Injil, keduniawian, dosa dan yang lainnya. Rasul Paulus menghadapi semua itu dengan tetap setia kepada Tuhan dan memelihara imannya dengan baik disepanjang perjalanan hidupnya.

Lalu pertandingan apakah yang kita jalani saat ini ?

PEMAHAMAN

  1. Apa yang dirasakan rasul Paulus ketika menuliskan ayat ini (6) ?
  2. Bagaimana rasul Paulus memaknai perjalanan hidup pelayanannya sampai akhirnya ? ( 7 )
  3. Bagaimana keyakinan rasul Paulus diakhir hidupnya ? (8)

Rasul Paulus menyadari bahwa waktu kematiannya sudah dekat, sehingga iapun berkata kepada Timotius anak rohaninya, bahwa darahnya sudah mulai dicurahkan sebagai persembahan. (ayat 6 ). Bayangkan ! Seandainya kita berada dalam posisi Paulus saat itu ? Apakah kita akan menjadi takut dan kuatir atau justru bersukacita ? Paulus dalam suratnya yang lain berkata. “Bagiku hidup adalah Kristus, dan mati adalah keuntungan” (Fil.1 : 21). Dalam kondisi seperti itupun Paulus tetap tegar menjalani kehidupannya.

Rasul Paulus tahu bahwa hidup ini adalah seperti sebuah pertandingan lari atau marathon. Suka atau tidak suka akan menuju ke garis akhir. Pertanyaannya : apakah yang kita lakukan sepanjang pertandingan ? apakah kita berlari dengan baik atau dengan asal-asalan ? Namun Paulus dengan tegas mengatakan bahwa ia telah mengakhiri pertandingan dengan baik ( ayat 7 ). Sebuah pertandingan kehidupan yang Tuhan berikan. Itu berarti kehidupan dengan berbagai tantangan dan pencobaan, namun Paulus mampu menghadapi dan mengatasinya dengan iman yang baik. sehingga akhirnya Paulus keluar sebagai pemenang dari pertandingan tersebut. Dan pemenang dari pertandingan kehidupan akan memperoleh hadiah dari Tuhan yaitu Mahkota kebenaran.

Perjalanan hidup kita suatu hari akan berakhir. Untuk itu marilah kita memelihara iman dan mengakhirinya dengan baik.

REFLEKSI
Marilah kita merenungkan : Sudahkah anda mempersiapkan diri untuk bertanding dalam pertandingan iman dengan baik ? sudahkah anda benar-benar fokus dalam pertandingan kehidupan  sampai kepada garis akhir ?

TEKADKU
Ya Bapa, pimpinlah langkah hidupku setiap hari, agar aku dapat mengakhiri pertandingan iman dengan baik.

TINDAKANKU
Mulai hari ini dan seterusnya, saya harus setia menghidupi kebenaran Firman Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«