suplemenGKI.com

Jumat, 25 Mei 2012

24/05/2012

Yoh 15:26-27; 16: 4b-15

Roh Kudus Membawa Kebenaran

                Pada bagian ini, menceritakan bagaimana Roh Kudus akan turun, Roh Kebenaran yang akan diutus dari Bapa dan Tuhan Yesus. Roh Kudus ini akan bersaksi tentang Tuhan Yesus dan akan menuntun orang dalam kebenaran.

  1. Bagaimana keadaan para murid-murid Yesus pada waktu itu?
  2. Apa yang dijanjikan Tuhan Yesus kepada murid-muridNya?
  3. Apa peran Roh Kudus bagi orang percaya dan dunia ini?
  4. Apa yang harus dikerjakan oleh orang percaya agar Roh Kudus bertahta dalam hatinya?

 

Renungan:

Pada Yohanes pasal 15, Yesus mempersiapkan murid-muridNya untuk menghadapi kesukaran dan penderitaan karena dunia membenci mereka sebagai pengikut Kristus. Penderitaan dan kesusahan hidup yang diakibatkan oleh dunia terjadi sebagai konsekuensi yang tidak dapat dihindari karena mereka murid-murid Yesus. Murid-murid Yesus tidak disukai karena cara hidup dan ajaran Yesus tidak sama dengan dunia (orang yang tidak mengenal Allah). Hal inilah yang ingin diingatkan oleh Yesus kepada murid-muridNya supaya mereka semua tidak terkejut namun tetap berjaga-jaga.

Yesus juga mempersiapkan murid-muridNya,karena Ia akan segera meninggalkan mereka. Yesus tahu akan ketakutan dan kegelisahan hati para murid, oleh sebab itu Yesus berjanji akan mengutus Roh Kudus untuk menjadi penolong bagi mereka. Ini sesuai dengan sebutan Roh Kudus (Yun:parakletos) yang dapat diterjemahkan Penghibur atau Penolong.

Pada Yoh 16: 8, salah satu karya Roh Kudus adalah menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman. Ini berarti Roh Kudus akan menyadarkan orang yang belum percaya untuk mengakui dan meninggalkan dosa-dosanya serta percaya kepada Tuhan Yesus. Sehingga orang yang sudah percaya kepada Yesus akan dibawa untuk hidup dalam kebenaran. Untuk hidup semakin lama semakin mengenal Yesus dan kuasaNya. Salah satu kuasa Yesus terhadap iblis adalah mengalahkannya dan menghukumnya inilah yang disebut hari penghakiman.

Bagi murid-muridNya, Roh Kudus terus akan memimpin mereka supaya hidup dalam kebenaran firman Tuhan. Roh Kudus terus bekerja di dalam hati dan pikiran kita sehingga kita dimampukan untuk melakukan kehendak Tuhan di dalam hidup ini.

Bagaimana karya Roh Kudus yang bekerja dalam hidup kita? Seharusnya Roh Kudus terus menerus memimpin kita untuk hidup dalam kebenaran firmanNya. Roh Kudus senantiasa menyadarkan kita akan dosa-dosa kita dan memampukan kita untuk meninggalkan dosa-dosa kita, Roh Kudus akan  terus memimpin kita untuk melakukan kebaikan-kebaikan di dalam Tuhan.

Mari kita terus hidup dipimpin oleh Roh Kudus, supaya kebenaran, kebaikan dari Tuhan muncul di dalam kehidupan kita, sehingga orang yang melihat kehidupan kita dan mendengar perkataan kita dapat memuliakan Allah. Tuhan ingin memakai kita sebagai alatNya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»