suplemenGKI.com

Jumat, 25 Maret 2016

24/03/2016

Paskah: Tuhan berkuasa mutlak atas segala sesuatu dan menyertai umat-Nya!

1Korintus 15:24-28

 

Pengantar

Ayat-ayat ini nampak seperti penyimpangan singkat dari penjelasan tentang kebangkitan (Kristus dan umat-Nya) yang berlanjut lagi di ayat 29. Meski demikian, penjelasan di ayat 24-28 ini rupanya dimaksudkan untuk mendukung penjelasan tentang kebangkitan. Namun penjelasan ayat 24-28 ini juga penuh dengan pengumpamaan-pengumpamaan yang cukup menggelitik.

Pemahaman

Ay. 24-25     : Apa maksud “kesudahan” dalam ayat 24 ini?

Ay. 25            : Apa pengertian “Kristus menjadi Raja” di sini?

“Kesudahannya” berarti akhir dari segala sesuatu, akhir zaman, atau “kiamat” (terj.BIMK).“Membinasakan” berarti mengakhiri, membuat menjadi tidak ada lagi.“Pemerintahan, kekuasaan dan kekuatan” adalah berbagai bentuk penguasa yang dianggap berada di antara langit dan bumi.Mereka dianggap mempengaruhi dan bertanggung jawab atas perilaku hidup manusia dan sekitarnya dalam berbagai aspeknya. “Meletakkan semua musuh di bawah kaki-Nya” menggambarkan para penguasa yang telah dikalahkan dan ditaklukkan dalam perang dan dibawa sebagai tawanan untuk melayani sang pemenang.

Kristus yang bangkit itu memerintah sebagai Raja Damai sejahtera atas umat milik-Nya. Kristus akan terus memerintah untuk menjaga umat-Nya dari berbagai bentuk kekuasaan yang bertentangan dengan pemerintahan Kristus atas umat-Nya. Pemerintahan Kristus akan terus berlangsung sampai Ia mengakhiri semua bentuk kekuasaan yang jahat itu termasuk puncaknya meniadakan kuasa maut, dan Allah meletakkan semua penguasa itu di bawah kendali-Nya. Ketika semua itu terjadi, Kristus pun mempersembahkan pemerintahan-Nya atas umat-Nya kepada Allah, Sang Bapa. Dengan demikian Allah pun menjadi penguasa mutlak atas segala sesuatu.

Refleksi

Hidup sebagai pengikut Kristus berarti hidup di bawah pemerintahan Allah sebagai penguasa yang telah mengakhiri semua kekuasaan yang semangatnya jahat itu. Karenanya, Pengikut Kristus tidak perlu takut terhadap berbagai bentuk kekuasaan atau kekuatan yang semangatnya bertentangan dengan Kristus. Kristus sudah bangkit dan berkuasa sebagai Pemimpin umat-Nya.Dia memimpin mereka untuk mengalami hidup yang bebas dari kendali berbagai kuasa jahat yang mematikan itu.

Tekad

Mau hidup dengan cara yang memancarkan pemerintahan Tuhan yang mutlak atas segala sesuatu.

Tindakan

Meyakini bahwa Tuhan yang hidup berkuasa atas segala sesuatu, dan hidup dengan bersemangat kuat yang baik dan benar tanpa keraguan dan khawatir.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«