suplemenGKI.com

PEMBELAAN TUHAN

Bilangan 12:1-9

 

Pengantar

Di dalam menjalani kehidupan ini, mengalami perselisihan dengan sesama manusia adalah hal yang wajar. Karena semakin sering bertemu dan semakin banyak hal yang harus dihadapai maka bisa saja terjadi perselisihan itu. Namun yang paling penting dari semua perselisihan, adalah bagaimana kita dapat menyelesaikan itu semua dengan baik tanpa bersungut-sungut. Namun apa jadinya kalau perselisihan itu hanya dari satu pihak, maksudnya adalah pihak yang satu tidak menyukai pihak yang lain, sedangkan pihak yang tidak disukai tidak mengetahuinya?

Pemahaman

Ay 1,         Mengapa Miryam dan Harun mengatai Musa?

Ay 2,         Apa yang telah terjadi dengan Miryam dan Harun terhadap Musa?

Ay 3,         Apa yang Tuhan nyatakan tentang Musa?

Ay 4-9,     Apa yang Tuhan lakukan terhadap Musa?

Dilihat dari kata kerja mengatai atau mengeluh, bentuk kata kerja ini bentuk oknum ketiga tunggal perempuan. Memberikan kesan bahwa yang mulai mengatai Musa itu adalah Miryam dan Harun akhirnya ikut-ikutan saja. Hal ini juga tepat seperti yang ada dalam ayat 10, bahwa yang dihukum adalah Maryam, sedangkan Harun juga langsung menyadari kesalahannya dan bertobat (ayat 11). Maryam dan Harun mengatai Musa karena Musa mengambil perempuan Kush, bagi orang Israel perempuan  Kush adalah orang asing.

Bukan saja Maryam dan Harun mengatai Musa namun yang lebih berbahaya adalah bahwa mereka meragukan kepemimpinan Musa dan menganggap bahwa mereka berdua sama dengan Musa, dimana Tuhan berfirman kepada mereka juga.

Maryam dan Harun yang meragukan kepemimpinan Musa juga dapat dikatagorikan meragukan penyertaan atau penyataan Tuhan melalui Musa.

Musa dinyatakan Tuhan sebagai seorang yang sangat lemah lembut dan setia dalam rumah Tuhan.

Tuhan mengerti betul apa yang sedang dikatakan atau dikeluhkan oleh Maryam dan Harun maka Tuhan memanggil mereka bertiga. Tuhan menyatakan bagaimana cara Tuhan memanggil hamba-hambaNya dan memberikan peryataanNya kepada hambaNya. Maka bagi Tuhan kalau ada orang yang mengatai Musa maka Tuhanlah yang pertama kali akan membelanya bahkan Tuhanlah yang akan memberikan hukuman kepada mereka. Hal ini juga terlihat jelas dalam ayat 10, dimana Tuhan menghukum Maryam dengan penyakit kusta dan dijauhi oleh keluarga dan masyarakat selama 7 hari. Tuhan telah menjadi pembela bagi Musa.

Refleksi
Renungkan sejenak tentang Tuhan adalah pembelamu yang setia. Berapa banyak engkau mengalami masalah dan Tuhan membelamu karena engkau memang hidup takut akan Tuhan?

Tekad
Ya Tuhan, seringkali kami lebih cepat membalas kesalahan orang lain yang melukai hati kami tanpa kami mempersilakan Tuhan campur tangan. Kami menganggap bahwa itu adalah hak kami. Ampunilah kami ya Tuhan. Biarlah kami belajar menjadi lebih tenang dan menyerahkan pembelaan kami kepada Tuhan. Amin.

Tindakan
Hari ini kalau ada orang yang tidak menyenangkan bagiku, atau bahkan menyusahkanku. Aku ambil waktu untuk mendoakan dia, supaya aku merasakan damai jika bertemu dengan dia lagi.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«