suplemenGKI.com

Jumat, 24 Mei 2019.

23/05/2019

Wahyu 21:9-21.

 

“Hidup Sebagai warga Kota Allah Yang Mulia”

Pengantar:
Kota mana di Indonesia yang menurut anda paling baik dan menyenangkan untuk ditinggali atau dihuni? Beberapa waktu lalu ada sebuah survei tentang kota yang paling nyaman menjadi tempat tinggal di Indonesia. Hasil survei itu didapati bahwa kota yang paling nyaman menjadi tempat tingga atau dihuni adalah kota Solo (Inikan menurut survei, jadi sah-sah saja) Walaupun tidak semua orang setuju dengan hasil survei tersebut. Hari ini kita akan mendapatkan pemahaman tentang penglihatan Yohanes mengenai sebuah kota yang kudus, Yerusalem, turun dari sorga, dari Allah (v. 10) Apakah yang dimaksud dengan kota kudus dari surga, dari Allah itu? Mari kita telusuri bacaan hari ini.

Pemahaman:

  1. Bagaimana Yohanes menggambarkan penglihatannya tentang sebuah kota (v. 9-22)
  2. Apa yang menyebabkan kota yang disebut “Yerusalem Baru” sangat istimewa? (v. 23-27)

Yohanes mendapatkan penglihatan tentang sebuah kota yang sangat indah. Begitu indahnya hingga Yohanes menyebut berbagai batu berharga untuk menggambarkannya (v. 11-21). Sebuah kota mati yang tidak membosankan karena ia juga melihat “bangsa-bangsa” dan “raja-raja” beraktivitas di dalamnya (v. 23-26). Kota itu disebutkan penuh dengan kemuliaan Tuhan (v. 11) karena Tuhan memang berdiam di sana (v. 22-23). Di dikatakan juga bahwa kota itu tidak ada dosa (v. 27) Berarti kota tersebut bebas dari: pencuri, pendusta, pengejek, pembunuh, perampok, prostitusi dan semua pelaku kejahatan tidak mendapat tempat di kota tersebut. Sebuah penggambaran yang sangat detail dari Yohanes tentang kota yang di sebuat Yerusalem baru itu. Melihat gambaran yang demikian, maka kita dapat membayangkan betapa indahnya, nyamannya, sejahteranya dan damainya di kota tersebut. Sesungguhnya tentang apakah yang dilihat oleh Yohanes dalam penglihatannya itu? Penglihatan itu adalah suatu gambaran kehidupan orang-orang percaya yang telah ditebus oleh Allah di dalam Tuhan Yesus Kristus, Sang Anak Domba Allah yang telah mati di salib dan bangkit dalam kemenangan-Nya atas segala dosa, kejahatan, kerusakan dunia dan segala tipu muslihat kuasa kegelapan. Orang-orang percaya kelak akan tinggal dan menikmati kota Yerusalem Baru yang adalah gambaran Surga Mulia, kota Allah yang kekal (v. 23-24) Kota yang berpusat kepada Tuhan, penuh dengan kebenaran, keadilan, kekudusan, kasih, kemuliaan dan kehormatan Tuhan.

Jika kita menyadari masa depan kita nanti di mana kita akan tinggal di tempat yang begitu indah, mulia, damai, penuh sukacita dan tidak ada lagi keluh-kesah dan segala hal yang membelenggu kita, apakah kita masih ragu-ragu untuk percaya dan beriman kepada Anak Domba Allah? Apakah kita masih memberi peluang kepada dunia untuk membelokkan iman kita? Mari kita semakin sungguh-sungguh mengiringi Yesus, semakin setia melayani Dia dan semakin giat bersaksi tentang Tuhan Yesus melalui hidup kita selagi kita masih diberi kesempatan.

Refleksi:
Renungkanlah. Apakah anda sekarang merasa menderita di dunia ini? jangan sesali penderitaan-penderitaan itu, tetaplah percaya dan setia mengiringi Yesus, karena nanti anda tidak akan lagi menderita ketika masuk sebagai warga kota Allah yang mulia di surga-Nya.

Tekadku:
Ya Tuhan, walaupun sekarang saya hidup dalam kekurangan, kesusahan dan kesulitan di dunia ini, saya tidak akan meninggalkan Engkau, karena saya yakin Engkau telah menyediakan dan memperkenankan saya kelak untuk menjadi warga kota Allah yang mulia di surga-Mu.

Tindakkanku:
Saya akan terus berjuang dan tidak akan menyerah untuk tetap setia, taat dan mengasihi Tuhan melalui setiap aspek hidup saya, saya tidak mau larut meratapi penderitaan duniawi saat ini, karena suatu saat kelak saya akan menjadi warga kota Allah yang mulia.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«