suplemenGKI.com

JUMAT, 24 MEI 2013

23/05/2013

YOHANES 16: 1 – 4 a

“OBAT BAGI DUNIA YANG SAKIT”

 

PENGANTAR
Perkataan Tuhan Yesus di bagian ini disampaikan kepada murid-muridNya pada malam sebelum Ia ditangkap dan disalibkan. Yesus menyatakan bahwa dunia akan membenci murid-murid Yesus, sebagaimana dunia membenci Yesus. Para murid akan ditolak, dikucilkan dan bahkan dibunuh.

PEMAHAMAN

  1. Ayat 2: Selain pemaparan bahwa para murid akan menderita karena imannya, di sisi lain dari ayat ini, apa yang bisa Anda lihat tentang Yesus yang mengetahui tentang hal-hal di depan yang belum diketahui manusia?
  2. Ayat 2b-3: Selain tentang penderitaan para murid, adakah hal lain yang membuat kerpihatinan kita sebagai orang percaya muncul ketika membaca ayat ini?
  3. Dengan pemahaman atas pertanyaan-pertanyaan di atas, jadi tujuan apa saja yang bisa Anda temukan dari perkataan Yesus pada murid-muridNya?  (selain yang tertera di ayat 1)

Apa yang Yesus sampaikan ini mengandung beberapa tujuan, diantaranya:

  1. Ayat 1: Supaya para murid tidak kecewa dan menolak Yesus.
  2. Ayat 2: Dengan disampaikannya hal ini, Yesus menunjukkan bahwa Ia adalah Allah tahu tentang apa yang akan terjadi di depan. Pengetahuan ini sekaligus menyatakan kuasa Allah atas hidup manusia. Dan dalam pengetahuanNya, Allah tidak mungkin berdiam diri.  Karena itu ketika Yesus menyampaikan kenyataan yang akan terjadi pada para murid, ini sekaligus menjadi ajakan untuk percaya pada kuasa pengetahuan dan pemeliharaanNya.
  3. Ayat 2b-3: Yesus mengajak para muridNya untuk melihat keprihatinan yang lebih besar, yaitu bukan soal penderitaan yang akan dialami diri sendiri (para murid), melainkan kenyataan bahwa penderitaan orang Kristen terjadi karena banyaknya orang yang belum mengenal Allah dengan baik. Dan ini berarti ketika para pengikut Tuhan hanya memusatkan diri pada penderitaan pribadinya, ia tidak akan mengambil peran apa-apa untuk mengatasi derita yang dialami oleh dunia ini karena tidak mengenal Allah.

REFLEKSI
Renungkanlah: pernahkah Anda terjebak menjadi orang yang egois dan tidak peduli dengan sekitar Anda ketika Anda sedang menghadapi ketakutan/kekuatiran dalam sebuah persoalan.

TEKADKU
Bapa Surgawi, aku menyadari bahwa manusia kerapkali menjadi egois dalam kesenangannya. Dan itu berarti menjadi tanda awas bagiku ketika aku menghadapi kesusahan, aku akan makin terjebak menjadi orang yang egois dan tidak mau peduli dengan masalah orang lain.  Tolonglah aku untuk terus yakin akan kuasa pengetahuan dan pemeliharaanMu atas hidupku, dengan demikian aku tetap kuat dan mampu menjadi berkat bagi orang lain yang juga sedang kesulitan, meski aku sendiri juga menghadapi kesulitan. Biarlah dengan demikian, aku menyaksikan bahwa aku punya Allah yang jauh lebih besar daripada masalah-masalahku. Amin

TINDAKANKU
Sebagai bukti bahwa aku memiliki Allah yang lebih besar dari masalahku, hari ini aku akan menguatkan orang lain yang mempunyai persoalan yang lebih besar dariku yaitu _________ (nama) dengan cara  __________ , sebagai bukti bahwa kesulitan hidupku saat ini bukan menjadi penghambat untukku tetap menjadi berkat bagi orang lain.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»