suplemenGKI.com

Jumat, 23 Juli 2021

22/07/2021

MEMPERSAKSIKAN KASIH SETIA TUHAN

Mazmur 145:10-18

 

Pengantar
Ketika seseorang mendapatkan pertolongan dari orang lain, maka ia sangat berterimakasih kepadanya. Kebaikan itu akan selalu dikenang dan bisa jadi akan dibagikan agar menjadi suatu kesaksian yang baik. Jika dalam kehidupan sehari-hari kita merasa senang dan bersyukur ketika mendapatkan pertolongan dari orang lain, terlebih lagi dengan kasih setia Tuhan yang kita rasakan setiap waktu.

Pemahaman

  • Ayat 10-13     : Siapa sajakah yang diajak pemazmur untuk bersyukur dan memuji Tuhan? Apa sajakah puji-pujian yang mereka naikkan bagi Tuhan?
  • Ayat 17-18     : Apa yang pemazmur rasakan ketika Tuhan itu dekat dengan umat-Nya?

Mazmur 145 merupakan mazmur pujian yang mengekspresikan kemenangan iman seseorang serta ajakan kepada manusia untuk mengagungkan kebesaran Allah. Pemazmur mengajak segala yang telah dijadikan Tuhan dan semua orang yang dikasihi-Nya untuk memuji nama Tuhan (ayat 10). Pujian kepada Tuhan harus diberikan karena keperkasaan dan kasih setia Tuhan terhadap umat-Nya secara turun-temurun (ayat 11-13). Kerajaan-Nya tak tergoncangkan sebab Allah sendiri yang akan mengatur dunia dengan kekuasaan-Nya. Kebaikan Allah nyata dalam kehidupan makhluk yang dijadikan-Nya sehingga semua mahkluk hidup bergantung pada kekuasaan-Nya. Bahkan dalam diri umat manusia yang diciptakan-Nya, tangan kemurahan-Nya turut merangkul mereka (ayat 14). Ia memberikan pengharapan bagi setiap manusia yang menantikan-Nya dan menyatakan pemeliharaan-Nya sehingga segala sesuatu pun tercukupi (ayat 15-16).

Pemazmur yang mengalami kasih setia Tuhan atas dirinya dan seluruh umat, merasakan bahwa Tuhan itu selalu dekat (ayat 18). Tuhan mendengar dan memberikan jawaban atas setiap seru doa umat-Nya. Segala jalan Tuhan adalah kebenaran dan mendorong umat untuk hidup dalam ketetapan-Nya. Dengan mengingat kasih setia dan kebaikan Tuhan, maka kita semakin dimotivasi untuk bersyukur, memuji nama-Nya, dan mempersaksikan-Nya dalam keseharian.

Refleksi
Kebaikan apa sajakah yang Tuhan berikan dalam hidup saudara sepanjang minggu ini? Apakah kebaikan Tuhan makin membuat saudara untuk mengucap syukur atau justru sebaliknya karena tak sesuai dengan harapan? Sudahkah saudara memuji Tuhan dan menyatakan kasih setia-Nya?

Tekadku
Tuhan, ajarlah aku untuk senantiasa mengucap syukur atas kasih setia-Mu. Bimbinglah, agar hidupku dapat memancarkan terang kasih-Mu bagi sekelilingku.

Tindakanku
Aku akan berbagi kasih setia Tuhan pada 3 orang terdekat dengan mengirimkan kalimat yang  dapat memberkati dan menguatkannya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«