suplemenGKI.com

Virus Pertumbuhan Rohani

Pertanyaan Penuntun Pemahaman Alkitab

  1. Ayat 8, 16, 18: Masalah/ isu-isu apa yang sedang dipersoalkan diantara orang-orang percaya pada waktu itu?
  2. Mengapa Paulus mengecam tindakan dan ajaran guru-guru palsu itu? Dalam hal apa isu-isu tersebut dapat mengancam pokok-pokok iman Kristen? (ayat 20-23)
  3. Pokok-pokok iman yang bagaimana yang harus dipegang teguh oleh prang Kristen dalam menghadapi isu-isu tersebut? (ayat 10-15)
  4. Tradisi atau kepercayaan apakah yang masih membelenggu Anda hingga saat ini? Apakah dampaknya bagi pertumbuhan iman Anda dan orang-orang di sekitar Anda?

Renungan

Kota Kolose adalah tempat bertemunya berbagai tradisi dan kebudayaan, sehingga berpeluang melahirkan berbagai ajaran yang dapat mempengaruhi kekristenan di Kolose. Nampaknya di tengah-tengah jemaat, berkembang berbagai ajaran yang bertentangan bahkan meremehkan ajaran Kristus dan menggoyahkan kepastian iman. Mereka tetap diikat dengan larangan- larangan tertentu yang menyesatkan (ayat 14, 16, 18). Masalah makanan minuman yang halal dan haram kembali dipersoalkan, cara memperingati hari-hari tertentu juga diatur sedemikian detil dan juga benda-benda apa yang boleh dipegang dan yang tidak boleh dipegang oleh orang Kristen dipersoalkan.

Isu seperti ini tentu tidak boleh diremehkan. Paulus sangat jeli menangkap bahwa dibalik semua peraturan tersebut, terselip penyelewengan terhadap inti iman Kristen.  Dan jika orang Kristen mengikutinya, maka ada kepercayaan terhadap Tuhan yang mulai digeser oleh tahayul dan berbagai aturan manusia. Ajaran yang demikian sebenarnya sama dengan memutuskan hubungan dengan Kristus, dan karena itu dengan tubuhNya juga, yaitu jemaat. Dalam baptisan, orang-orang Kolose bersatu dengan Kristus dalam kematian-Nya, sehingga mereka telah dibebaskan dari peraturan-peraturan yang hanya berasal dari manusia dan tidak berguna. Kepercayaan terhadap aturan-aturan tersebut menunjukkan bahwa manusia tidak lagi sepenuhnya mempercayai Allah sebagai penguasa, sebagaimana yang Paulus katakan di ayat 10 “Dialah kepala semua pemerintah dan penguasa…” dan “telah melucuti pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa dan menjadikan mereka tontonan umum dalam kemenanganNya atas mereka.” (ayat 15).  Oleh karena itulah Paulus memberikan peringatan yang tegas dan keras (ayat 8) kepada jemaat yang telah mengenal dan hidup dalam Kristus agar mereka tidak terbawa arus.

Karena itu mari berhati-hati terhadap segala pemikiran, filsafat, tradisi, aturan-aturan yang dibuat manusia, yang berusaha menjauhkan kita dari kepercayaan penuh terhadap kuasa kemenangan Allah dan kemenangan kita di dalam Dia.

Yang ada hanyalah percaya kepada Allah atau tidak sama sekali, tidak ada yang namanya setengah percaya

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*