suplemenGKI.com

IMAN YANG BENAR KEPADA ALLAH

Kolose 1:15-20

 

Pengantar
Kekristenan semakin hari semakin digoncang oleh berbagai keadaan. Salah satunya adalah kehadiran aliran-aliran tertentu yang dapat membelokkan kebenaran Firman Tuhan. Jika kita tidak jeli, maka kita akan terbawa arus. Secara otomatis, perpecahan antar sesama tubuh Kristus pun tak dapat terhindar. Menjadi orang Kristen sesungguhnya bukan sekedar sebuah status yang tertulis dalam Kartu Tanda Penduduk. Melainkan bagaimana kita mau menuruti kehendak Allah dan memiliki iman yang benar sehingga tidak mudah diombang-ambingkan oleh rupa-rupa dunia. Renungan hari ini mengingatkan kepada kita betapa pentingnya memiliki pemahaman iman yang benar akan Allah, sehingga kerohanian kita menjadi kuat dan bertumbuh

Pemahaman

  • Ayat 15-20    : Mengapa Paulus menjelaskan kembali tentang  keutamaan  Kristus kepada jemaat di Kolose? Bagaimanakah Paulus memberikan penjelasan dan penegasan tentang Kristus kepada jemaat di Kolose?

Paulus menuliskan suratnya kepada jemaat di Kolose untuk menekankan sifat sebenarnya hidup baru di dalam Kristus. Di sisi lain, muncul ajaran palsu yang dapat mengancam kerohanian jemaat di sana. Ajaran palsu itu berupaya untuk menggantikan keunggulan Kristus dan kedudukan-Nya sebagai inti dalam ciptaan, penyataan, penebusan dan gereja.

Pertama, Paulus mengatakan bahwa Kristus adalah gambar Allah yang tak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala sesuatu (ayat 15). Hal ini menekankan bahwa Yesus adalah satu-satunya Pribadi yang menyatakan siapa Allah.  Tiada satu pun ciptaan yang sama bahkan lebih tinggi dari Dia, karena Dia-lah Allah.Kedua, Paulus menyatakan bahwa di dalam Dia, yakni Kristus, telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa (ayat 16). Dia menciptakan segala sesuatu dari yang tidak ada menjadi ada, baik di sorga maupun di bumi. Dia-lah sang Pencipta dan Penguasa atas alam semesta. Ketiga, Segala sesuatu ada di dalam Dia, yang menandakan bahwa seluruh ciptaan bergantung kepada-Nya (ayat 17). Keempat, Kristus adalah kepala tubuh yang memberi pengaruh sangat penting bagi kelangsungan hidup jemaat-Nya (ayat 18). Kelima, Kristus memperdamaikan manusia dengan Allah, melalui pengorbanan-Nya yang menyelamatkan hidup manusia (ayat 20).

Dengan memberikan penjelasan tersebut, Paulus berharap agar jemaat di Kolose sungguh-sungguh memiliki pemahaman iman yang benar dan kesatuan mereka sebagai tubuh Kristus tetaplah utuh, tak tercerai-beraikan.

Refleksi
Pernahkah saudara berjumpa dengan seorang yang berstatus Kristen, tetapi ia belum sungguh-sungguh memahami kebenaran Firman Tuhan? Apa tindakan yang saudara lakukan untuk menolongnya agar bersama-sama bertumbuh dalam iman yang benar akan Allah?

Tekad
Tuhan, tolonglah agar aku dapat mengenal dengan benar siapa Engkau dalam hidupku. Sehingga hidupku bertumbuh dalam iman yang benar dan berbuah, menjadi berkat untuk sesamaku.

Tindakan
Aku akan mengajak salah seorang saudara seiman untuk mengikuti PA Sektor atau PA Umum, maupun persekutuan lainnya, agar iman makin dipertajam dan hidup berkenan di hadapan Allah.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«