suplemenGKI.com

Jumat, 22 Mei 2020

21/05/2020

MENJADI PEMENANG

I Petrus 5:6-11

 

Pengantar

“Saya mau ikut YESUS, saya mau ikut YESUS sampai s’lama-lamanya.
Meskipun saya susah, menderita dalam dunia, saya mau ikut YESUS sampai s’lama-lamanya.”

Syair lagu “ Saya mau ikut YESUS” ( Kidung Jemaat 375) adalah lagu indah yang membutuhkan komitmen teguh dalam mewujudkannya. Bagaimanakah agar kita tetap berdiri teguh dan menjadi pemenang kehidupan di tengah penderitaan? Marilah kita merenungkannya!

Pemahaman

  • Ayat 6-7                : Apakah hubungan merendahkan diri  di bawah tangan TUHAN yang kuat dengan menyerahkan kekuatiran kepada-Nya?
  • Ayat 8- 9               : Mengapa orang Kristen diminta sadar dan berjaga-jaga?
  • Ayat 10-11            : Apakah berkat yang diberikan TUHAN kepada umat-Nya yang dalam penderitaan?

Pada pertengahan abad pertama, orang-orang Kristen mengalami penganiayaan dan penyiksaan. Tentu tidaklah mudah berjuang dalam iman di tengah penderitaan seperti ini. Oleh karenanya Surat Petrus memberikan nasihat yang memberikan semangat juang di tengah tekanan dan penderitaan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar orang Kristen menjadi pemenang, yaitu:

1. Merendahkan diri di bawah tangan TUHAN yang kuat ( ayat 6 )

Ini  berarti tunduk dalam kuasa TUHAN; menghargai dan menjunjung tinggi TUHAN.  Apa pun yang terjadi dan sesulit apa pun hidup yang harus dijalani, orang beriman  selayaknya  merendahkan diri di hadapan TUHAN, Sang Maha Kuasa. Merendahkan diri berarti kita menyadari ketidakberdayaan atau kelemahan kita sehingga menjadi lebih bergantung pada TUHAN. Orang yang tunduk di bawah kuasa TUHAN tak akan marah ataupun menggerutu sekalipun harus menghadapi kesulitan.

2. Berserah dan bersandar pada TUHAN ( ayat 7 )

Ketika orang Kristen merendahkan diri di hadapan TUHAN, dia akan selalu bersandar pada Tuhan dalam segala perkara. Setiap orang yang yakin akan kuasa dan pemeliharaan TUHAN, tak akan berjuang sendirian dalam menghadapi himpitan kehidupan tapi menanggungnya dalam iman dan penyerahan kepada TUHAN sehingga tidak mudah dikuasai kekuatiran.

3. Sadar dan berjaga-jaga ( ayat 8 )

Sadar berarti menahan/menjaga diri, tidak mabuk. Ini berarti dalam kondisi waspada. Sedangkan berjaga-jaga berarti bangun, siap siaga.  Sadar dan berjaga-jaga berarti waspada dan siap siaga. Orang beriman akan selalu waspada dan siap siaga menghadapi tantangan kehidupan.  Dia hidup dalam kesadaran iman sehingga siap siaga menghadapi serangan musuh. Iblis adalah musuh orang percaya. Iblis  digambarkan seperti  singa yang mencari mangsa; mengintai dan siap menjatuhkan orang percaya. Iblis  bisa memakai kesulitan dan penderitaan untuk menggoda dan menggoyahkan iman orang percaya hingga meninggalkan KRISTUS. Lawanlah iblis dalam kesadaran iman yang kuat  maka  kita akan merasakan TUHAN hadir dan bertindak menolong kita.

4. Bertahan dan setia ( ayat 9-11 )

Ada hubungan langsung antara iman yang kuat dengan kemampuan hidup dalam kemenangan (bdk. Yak 4:7). Iman  yang kokoh memberi imun (daya tahan) berjuang dengan setia sekalipun didera kesulitan dan penderitaan.  Orang beriman tak pernah menyerah kalah pada masalah sebab TUHAN Sang Empunya dan Penguasa kehidupan bertindak aktif memberkati kita.  Dia melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kita hingga kita tetap berdiri tegak, tidak goyah hingga menjadi pemenang kehidupan.

Refleksi:
Dalam keheningan, ingatlah kembali perjuangan iman Saudara. Kala berada dalam kesulitan bahkan penderitaan  yang menghimpit iman, apakah  yang Saudara lakukan?  Saat melewati jalan hidup yang sempit dan penuh rintangan apakah Saudara kecewa dan memberontak kepada TUHAN ataukah tetap semangat dan bersukacita dalam iman dan pengharapan?

Tekadku:
YA TUHAN, berikan aku kekuatan untuk tetap setia berjuang dalam iman sehingga aku menjadi pemenang kehidupan

Tindakanku:
Hari ini aku akan memperbarui komitmenku sebagai pengikut KRISTUS yang setia. Sesulit apa pun perjalanan hidup yang harus ku lalui, aku akan tetap tunduk dan bersandar pada TUHAN dan rancangan-Nya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»