suplemenGKI.com

Jumat, 22 Juli 2016

21/07/2016

Hidup Seperti Kristus

 

1 Yohanes 2:1-6

 

Pengantar
Kalau ada 2 orang yang sedang bermusuhan, maka dibutuhkan pengantara yang dapat diterima oleh kedua belah pihak untuk memperdamaikan mereka. Pengantara itu bertujuan menghubungkan pihak yang satu dengan pihak yang lain. Pengantara itu sendiri harus memahami kedua belah pihak dengan baik. Demikian juga ketika manusia berdosa terhadap Allah Bapa, maka manusia membutuhkan pengantara yang akan memperdamaikan manusia dengan Allah Bapa. Pengantara itu harus memahami manusia yang berdoa, sekaligus memahami Allah Bapa yang suci. Hal ini hanya dapat dilakukan dalam Kristus Yesus.

Pemahaman
Ay 1-2, Apa yang diharapkan oleh Yohanes terhadap pembacanya?
Ay 3-4, Apa yang menjadi ciri orang yang percaya?
Ay 5-6, Apa dampak dari orang yang mempraktekkan hidup dalam kasih Bapa?

Bagian ini ingin menegaskan bahwa orang yang sudah percaya agar sungguh-sungguh menjaga hidupnya yang benar di dalam Tuhan.Kalaupun orang itu sudah menjaga hidup yang benar, tapi jatuh di dalam dosa, maka orang tersebut mempunyai perantara yang dapat mendamaikan dengan Allah Bapa yaitu Yesus Kristus yang adil. Yesus Kristus bukan saja mendamaikan satu orang namun juga semua orang di dunia.

Orang-orang yang sudah mengenal Allah, mereka akan hidup menuruti perintah-perintah Allah, sehingga mereka hidup di dalam kebenaran yang sejati. Orang yang terus menerus berusaha untuk menuruti perintah-perintahNya pasti akan hidup dalam kasih Allah yang semakin hari semakin sempurna.

Konsekuensi logis dari orang yang hidup dalam kasih Allah, mereka akan terlihat sebagai orang-orang yang hidup seperti Kristus. Bukan saja Kristus menjadi perantara kita dengan Allah Bapa, namun Kristus menjadi model/panutan bagi kehidupan kita di dunia ini. Kalau hidup semakin seperti Kristus maka keegoisan kita akan semakin kecil bahkan lenyap.

Refleksi
Renungkanlah sejenak: Seberapa besar keinginan kita untuk menjadi seperti Kristus? Apa yang menghalangi kita untuk menjadi sama seperti Kristus? Berjanjikah saudara untuk membuang penghalang tersebut?

Tekad
Ya Tuhan, sering kali kami berjuang untuk menjadi diri kami yang paling baik dibandingkan dengan orang lain, ampuni kami kalau kami tidak berjuang untuk menjadi sama sepertiMu.

Tindakanku
Hari ini menyadari penghalang yang besar untuk menjadi sama seperti Kristus. Dan berjuang untuk melawannya dan menjadikan hal yang positif. Misalnya hidup dalam kebencian, membuang kebencian itu dan menggantikan dengan hidup dalam kasih.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«