suplemenGKI.com

Bacaan : 1 Korintus 12 : 27 – 31.

“KARUNIA-KARUNIA PELAYANAN”

PENGANTAR.
Roh Kudus memberikan Karunia-karunia pelayanan dalam gerejaNya sebagai tubuh Kristus. Karunia pelayanan yang dimaksud adalah para pemimpin rohani yang diberikan Kristus kepada gereja untuk pembangunan tubuh Kristus dan untuk mempersiapkan umat Allah bagi tugas-tugas pelayanan.

PEMAHAMAN.

  1. Siapa saja yang diberikan Allah kepada gereja untuk menunaikan tugas dan fungsi gereja ? ( ayt 27-28 )
  2. Apa tujuan Tuhan memberikan karunia-karunia pelayanan dalam gereja ? ( ayt 29-31 )

Ayat Firman Tuhan yang senada untuk menjelaskan tentang karunia-karunia pelayanan adalah dalam Efesus 4 : 11 yang berbunyi, “Dan ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar”.  Menurut kedua teks tersebut ( 1 Kor 12 : 27-31 dan Ef. 4 : 11 ) yang dimaksud dengan karunia-karunia pelayanan adalah karunia rasul, nabi, pemberita injil, gembala dan pengajar. Karunia-karunia tersebut diatas sangat dibutuhkan gereja sepanjang masa.

  1. Rasul-rasul.  Istilah rasul dalam Perjanjian baru secara umum bagi wakil yang ditugaskan sebuah jemaat seperti para misionaris Kristen yang pertama. Mereka adalah orang-orang yang menunjukkan kepemimpinan rohani yang luar biasa, diurapi dengan kuasa untuk memberitakan Injil dan mendirikan gereja untuk kemuliaan Tuhan.
  2. Nabi-nabi. Dalam Perjanjian Baru para nabi berfungsi untuk pemberita dan penafsir Firman Allah. Mereka dipanggil Allah untuk mengingatkan, menasehati, menghibur, membangun kehidupan umat Tuhan.
  3. Para Penginjil. Penginjil itu sangat penting dalam gereja untuk memperoleh jiwa-jiwa baru.
  4. Para Gembala. Para gembala adalah mereka yang bertugas mengawasi dan memelihara kebutuhan rohani jemaat lokal. Mereka juga disebut “Penatua” ( Kis 20:17, Tit 1: 5 ) dan “Penilik jemaat” (1 Tim 3 : 1 ).
  5. Para Pengajar. Para pengajar adalah mereka  yang memiliki karunia secara kusus untuk menjelaskan, menguraikan secara rinci dan memberitakan Firman Allah agar kebenaran Injil dapat dipelihara.

Sedangkan tujuan Tuhan memberikan karunia-karunia pelayanan adalah untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus. ( Ef 4 : 12 ) Marilah kita melihat dengan seksama karunia-karunia pelayanan di gereja kita, agar gereja kita dapat berfungsi dengan sehat dan efisien. Amin.

REFLEKSI.
Marilah kita bertanya kepada diri sendiri, dan jawablah dengan jujur. Apakah saya adalah termasuk orang yang diberi karunia pelayanan ?

TEKADKU.
Terima kasih Tuhan karena Tuhan memperlengkapi GKI Ressud dengan Karunia-karunia pelayanan. Biarlah saya dan mereka dapat melaksanakan tugas tersebut dengan maksimal.

TINDAKANKU.
Saya akan berdoa agar Tuhan melengkapi GKI Ressud dengan karunia-karunia pelayanan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«