suplemenGKI.com

Jumat, 21 Juni 2013

20/06/2013

Kembali ke Jalan Tuhan

 

Bacaan 2 Taw 29:1-19

 

Pengantar
Mengubah arah kehidupan bukanlah hal yang mudah, apalagi perubahan dari yang tidak baik menjadi baik. Segala kebiasaan yang tidak baik sudah terlanjur melekat di dalam kehidupan bangsa Israel yang dipimpin raja Ahas. Namun hal ini menjadi berbeda ketika Hizkia menjadi raja dan memerintah di Yerusalem, Hizkia mengadakan perubahan yang besar dan mendasar dalam kehidupan bangsa Israel, walaupun ia masih berumur dua puluh lima tahun pada waktu memerintah bangsa Israel.

Pemahaman
Ay 1-4, apa yang dilakukan Hizkia pada awal pemerintahannya?
Ay 5-9, apa yang dikatakan Hizkia tentang nenek moyangnya?
Ay 10-11, apa yang ingin dilakukan oleh raja Hizkia dalam pemerintahannya?
Ay 12-15, apa yang dilakukan oleh orang-orang Israel terhadap perintah raja Hizkia?
Ay 16-17, apa yang dikerjakan para imam menanggapi perintah raja Hizkia?Ay 18-19, apa yang dikatakan oleh mereka kepada raja Hizkia?

Raja Hizkia yang masih muda ini mengadakan perubahan yang sangat mendasar dan penting dalam kehidupan bangsa Israel. Hizkia menjadi raja yang takut akan Tuhan seperti raja Daud bapa leluhurnya. Hizkia mulai memanggil para imam dan orang-orang Lewi, selaku kaum rohaniawan, untuk bergerak dan melakukan pengudusan rumah Tuhan dan bangsa Israel. Hizkia mulai menata rumah Tuhan dan menyingkirkan segala berhala yang , serta menghidupkan lagi korban ukupan dan korban bakaran bagi Tuhan. Hizkia menjelaskan kepada bangsa Israel bahwa keterpurukan mereka disebabkan oleh dosa-dosa mereka juga, yang mana mereka telah menyembah berhala, menjauhi Tuhan, menutup rumah Tuhan. Sehingga Tuhan murka dan menimpakan bencana pada bangsa Israel, antara lain banyaknya yang mati di medan perang dan banyaknya orang-orang yang menjadi tawanan. Oleh sebab itu raja Hizkia mengingatkan kepada bangsa Isarel bahwa mereka ini adalah orang-orang pilihan Tuhan yang seharusnya melayani Tuhan.

Maka mulai saat itu terjadi gerakan pembaharuan, para imam dan kaum Lewi bangkit menyucikan diri mereka sendiri dan menycikan rumah Tuhan. Segala benda-benda berhala dikeluarkan dan dibuang ke lembah Kidron. Demikian juga bangsa Israel menguduskan diri mereka masing-masing menyambut pembaharuan rohani tersebut.

Raja Hizkia berhasil mengajak bangsa Israel untuk kembali ke jalan Tuhan, dan mereka mulai lagi memberikan korban bakaran kepada Tuhan. Kehidupan kerohanian bangsa Israel diperbaharui maka hubungan mereka dengan Tuhan semakin baik.

Refleksi
Renungkan apa yang telah raja Hizkia lakukan bagi bangsa Isreal? Hizkia telah berhasil menuntun bangsa Israel ke jalan Tuhan sehingga hubungan bangsa Israel dengan Tuhan dipulihkan. Apa yang dapat saya lakukan supaya hubungan saya dengan Tuhan semakin baik?

Tekadku
Ya, Tuhan Yesus sering kali kami mengabaikan hubungan pribadi kami dengan Engkau, kami menganggap itu kurang penting, namun hari ini kami diingatkan untuk memiliki hubungan yang baik dengan Engkau, perbaharuilah hati kami ya Tuhan Yesus.

Tindakanku
Hari ini saya mau meluangkan waktu berkomunikasi dengan Tuhan paling sedikit  15 menit.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«