suplemenGKI.com

Lukas 14:27-35

PENGIKUT YESUS YANG MENJADI BERKAT
Banyak orang yang dengan mudahnya menyatakan dirinya sebagai pengikut Yesus. Bahkan banyak orang yang menjadi pengikut Yesus karena terdorong oleh beberapa hal, antara lain: kekayaan, aman, hidup kekal/sorga, sukses, penyakit pasti hilang, pasti tidak miskin, berlimpah berkat dari Tuhan dll. Mereka ini adalah orang-orang yang mengikuti Yesus kalau keadaannya baik dan senang, mereka tidak mau hidup dalam penderitaan. Maka kalau gereja menawarkan sukses dan bahagia serta kaya raya maka mereka mau bergereja ditempat itu, karena itu sesuai dengan keinginannya. Apa yang Yesus ungkapkan tentang pengikut-Nya?

PEMAHAMAN

Ay. 28-30   Apa yang Yesus ingin katakan dengan illustrasi ini?

Ay. 31-32   Apa yang Yesus ingin katakan dengan illustrasi ini?

Ay. 33-35   Apa yang Yesus tawarkan kepada pengikut-pengikut-Nya?

Ketika Yesus semakin menjadi terkenal/populer dan semakin banyak pengikut-Nya, Yesus tidak berusaha mencari tambahan pengikut-Nya, namun sebaliknya Yesus memberikan tantangan kepada pengikut-Nya.

Yesus memberikan illustrasi seorang yang akan membangun sebuah menara, pasti telah menghitung dengan cermat. Berapa tinggi, besar dan bahkan  biayanya? Harus dihitung dengan baik dan benar, supaya bangunan itu dapat diselesaikan dengan baik. Demikan juga mengikut Yesus harus dipertimbangkan dengan baik, bukan sebagai keputusan yang sesaat saja. Yesus mengharapkan pengikut-Nya memikirkan ini dengan serius.

Yesus juga memberikan illustrasi raja yang akan berperang dengan raja lain. Seorang raja akan membuat keputusan yang sangat fatal dalam menjalankan pemerintahan kerajaannya. Kalau keputusannya salah itu akan berdampak pada rakyatnya. Keputusan yang paling penting dari seorang raja adalah berkaitan dengan perang. Maka sebelum perang itu terjadi, seorang raja harus menghitung kekuatannya sendiri dan menghitung kekuatan kerajaan yang akan menyerang tersebut. Dan ini adalah keputusan yang sangat penting baginya dan bagi rakyatnya. Demikian juga seorang pengikut Kristus harus membuat keputusan yang terpenting dalam hidupnya. Dan ini akan berdampak bagi dirinya bahkan orang lain yang terdekat dengan dirinya.

Yesus juga mengingatkan bahwa menjadi pengikut Kristus berarti berani melepaskan dirinya dari segala milikinya yang ada di dalam dunia ini. Yesus menawarkan kepada pengikut-pengikut-Nya bahwa terlebih berarti kalau pengikut-pengikut-Nya menjadi berkat bagi orang-orang lain, karena dengan demikian hidupnya akan menjadi berguna bagi orang disekitar-Nya

REFLEKSI
Renungkanlah! Seberapa seriuskah anda menjadi pengikut Kristus? Apakah keputusan anda mengikut Yesus menjadi keputusan yang sangat penting? Apa dampak dari anda menjadi pengikut Kristus bagi keadaan di sekeliling anda?

TEKADKU
Ya, Tuhan, Ajarkan kami untuk menjadi pengikut-Mu yang dapat berguna bagi orang lain, bukan hanya mencari kesenangan sendiri

TINDAKANKU
Hari ini saya menyadari bahwa mengikut Yesus sebagai keputusan yang serius, dan saya ingin menjadi berkat bagi orang yang saya jumpai.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«