suplemenGKI.com

TUHAN ITU PENGASIH DAN PENYAYANG

Mazmur 145:8-9, 14-21

 

Pengantar
Hidup bersama dengan orang yang selalu mengasihi dan menyayangi adalah kehidupan yang menyenangkan. Begitu juga dengan kehidupan kita bersama dengan Tuhan. Tuhan selalu mengasihi dan menyayangi kita. Dia selalu memenuhi kebutuhan kasih yang kita perlukan untuk dapat menjalankan kehidupan ini dengan baik walau ada banyak tantangan.

Pemahaman

  • Ayat 8-9               : Apa yang dimaksud oleh pemazmur tentang kasih sayang dari Tuhan?
  • Ayat 14-21           : Bagaimana cara Tuhan mengasihi pemazmur?

Daud sebagai pemazmur mengungkapkan tentang bagaimana cara Tuhan hadir di dalam kehidupannya. Dalam konteks Mazmur ini, Daud sedang memuji nama Tuhan sebab ia merasakan betapa besar kemurahan Tuhan di dalam kehidupannya. Daud mempertajam kemurahan Tuhan itu dengan memberi gambaran yang jelas kepada para pembacanya untuk memahami kasih sayang dari Tuhan. Sejak awal, Daud sedang mengarahkan pandangannya kepada setiap kebaikan Tuhan. Kebaikan itu terus diugkapkan karena ia mampu merasakan kasih Tuhan sepanjang hari di kehidupannya. Ayat 8-9 pada Mazmur ini merupakan puncak dari pengakuan dan rasa syukur Daud sebagai pemazmur yang sungguh-sungguh dapat merasakan kasih sayang dari Tuhan.

Ungkapan yang disampaikan pemazmur menjadi pengakuan yang keluar dan menjadi kesaksian bagi para pembaca. Dalam pengalaman kehidupannya, Daud menggambarkan Tuhan sebagai sosok yang panjang sabar dan besar kasih setia-Nya, juga baik kepada semua orang. Itu berarti kasih Tuhan tidak pernah terbatas bahkan kasih itu juga berlaku untuk seluruh ciptaan yang dijelaskan lewat kepenuhan rahmat pada semua yang dijadikan-Nya (ayat 9). Gambaran ini sekaligus menunjukkan pada kita kebesaran kasih Tuhan yang tidak dapat dibatasi oleh apapun. Kasih-Nya untuk seluruh alam semesta yang telah diciptakan-Nya.

Ungkapan yang tertulis pada ayat 14-21 merupakan sebuah ungkapan yang berangkat dari pengalaman nyata yang pernah dialami dan dilihat oleh pemazmur di dalam kehidupannya. Nuansa ungkapan yang berbeda dari sebelumnya karena langsung mengarah pada hal-hal yang diberikan Tuhan di dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini menunjukkan bahwa pemazmur bukan hanya sekadar menyampaikan pujiannya pada penyertaan Tuhan, tetapi ia juga mampu merasakan kasih itu di dalam kehidupan sehari-hari. Ini berarti ungkapan itu berubah menjadi pengakuan yang sungguh-sungguh dan keluar dari dalam hati. Pengakuan itu muncul sebagai cerminan iman percaya yang telah dibuktikan secara nyata. Maka dari itu, pemazmur mengajak semua orang untuk melakukan yang sama, yaitu mengakui dan memuji Tuhan di dalam kehidupan sehari-hari.

Tindakan-tindakan Tuhan adalah tindakan yang konkret dan langsung menyentuh kehidupan setiap manusia. Kasih, kesabaran, keadilan, dan kesetiaan-Nya nyata dalam segala perkataan dan tindakan yang dilakukan oleh Tuhan kepada manusia. Tuhan menjadi penopang dan penolong di dalam kehidupan. Ia adil dalam perbuatan-perbuatan, menjaga yang mengasihi-Nya, dekat pada setiap orang yang berseru kepada-Nya, juga memberi pelajaran kepada mereka yang berusaha menjauh dari-Nya. Pemazmur menutup dengan mengajak segala makhluk atau seluruh ciptaan (ayat 21) untuk dapat memuji nama-Nya seterusnya dan selamanya. Ajakan ini merupakan respons dari kebaikan Tuhan yang sudah dan selalu hadir di sepanjang kehidupannya.

Refleksi
Tuhan selalu berkarya di dalam kehidupan kita setiap hari. Cinta kasih-Nya selalu nyata bagi kita. Di dalam kehidupan kita tentu ada banyak pengalaman hidup bersama Tuhan yang menyenangkan dan juga membawa kita pada ketenangan. Namun ada kalanya kita merasa bahwa kita tidak dapat merasakan kebaikan Tuhan. Ada berbagai hal yang seakan-akan menekan kehidupan kita dan membuat kita kesulitan untuk merasakan kasih-Nya. Marilah pada saat ini kita mengambil waktu untuk merenungkan setiap kebaikan Tuhan yang sudah Ia berikan dalam hidup kita. 

Tekadku
Tuhan, aku ingin selalu memuji nama-Mu karena kebaikan dan cinta kasih-Mu yang selalu nyata di dalam hidupku.

Tindakanku
Saya akan mendaftarkan kebaikan Tuhan yang saya terima pada hari ini dan akan mendoakannya pada malam hari.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«