suplemenGKI.com

Pada bagian ini menjelaskan apa yang dilakukan oleh Yesus bagi umat manusia. Penulis kitab Ibrani ingin mengungkapkan betapa agungnya pelayanan  Yesus yang diberikan Bapa-Nya.

1.       Dalam kondisi yang bagaimanakah Tuhan menciptakan manusia?

2.       Karya apakah yang dilakukan oleh Yesus bagi manusia?

3.       Apa peranan Imam Besar?

4.       Apa arti penting penebusan Yesus bagi anda?

 

Renungan

                Tuhan menciptakan manusia menurut gambar dan rupa Allah, dan telah memahkotainya dengan kemulian dan hormat.Manusia diciptakan dalam kondisi sangat baik sekali, karena segala sesuatu yang menunjang hidupnya telah diberikan Tuhan kepadanya.  Namun sayang sekali manusia yang diciptakan-Nya telah jatuh dalam dosa.

                Manusia di dalam keberdosaannya ini tetap diingat oleh Tuhan, sehingga Tuhan memberikan Yesus PutraNya untuk menyelamatkan manusia. Di dalam Yesus semua ditaklukkan-Nya, namun Yesus yang dapat menaklukkan semuanya justru merendahkan diri menjadi Hamba dan mau menderita bagi manusia, bahkan rela mati di salib untuk menebus dosa-dosa manusia.

                Penderitaan ini Dia lakukan bukan untuk para Malaikat namun untuk umat manusia, supaya oleh kematiananNya, Yesus memusnahkan iblis yang berkuasa atas maut. Dengan jalan demikian maka mereka yang seumur hidupnya berada dalam perhambaan dosa dan ketakutan karena maut dapat dibebaskan oleh penebusan Yesus Kristus. Karena kasih Yesus yang besar pada dunia inilah maka Ia rela menderita bagi umat manusia.

                Apa yang telah Yesus lakukan adalah memperdamaikan antara manusia yang berdosa dengan Allah yang kudus. Yesus sebagai Imam Besar yang menjadi perantara antara manusia (umat) dengan Allahnya.

                Ini dapat berarti bahwa penebusan Yesus membebaskan manusia dari perhambaan dosa yang senantiasa membelenggu manusia. Dengan kata lain manusia yang sudah percaya kepada Yesus Kristus seharusnya tidak dikuasai lagi oleh dosa atau tidak hidup dalam kuasa dosa. Manusia yang percaya kepada Yesus Kristus hidup dalam anugerah Tuhan, bukan dosa yang menguasai lagi tapi Tuhan yang menguasai hidup kita.

                Oleh sebab itu, ketika kita menjalani hidup ini dan mengalami penderitaan di dalam dunia ini, kita diharapkan juga mengingat penderitaan Yesus yang pernah Ia alami ketika ada di dalam dunia ini. Seharusnya penderitaan kita tidak akan memutuskan kasih kita kepada Tuhan, namun jusrtu semakin menguatkan kita untuk  hidup dalam pengharapan Tuhan. 

                Mari kita hidup dalam anugerah Tuhan, semakin lama semakin mengandalkan Tuhan.

 

Penebusan Yesus Kristus, mengubah manusia yang hidupnya sia-sia,

Menjadi manusia yang tidak menyia-nyiakan hidupnya

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*