suplemenGKI.com

Jumat, 2 Maret 2018

01/03/2018

UPAH ORANG YANG BERPEGANG PADA TAURAT TUHAN

Mazmur 19:12-15

 

Pengantar
Orang yang bekerja pasti akan mendapat upah atau gaji. Mendapat upah dari pekerjaan merupakan sukacita bagi kita. Terlebih upah yang didapat begitu besar jumlahnya. Dengan upah yang diperoleh, kita dapat memenuhi kebutuhan keluarga sekalipun upah tersebut terbilang “cukup” atau “berlebih”. Bagaimana perasaan kita ketika mendapat upah dari berpegang pada Firman Tuhan? Jika berpegang pada Firman Tuhan akan mendapat upah, mengapa masih ada orang percaya yang hidupnya tidak mau diatur oleh Firman Tuhan? Hari ini kita akan merenungkan tentang upah orang yang berpegang pada Firman Tuhan.

Pemahaman

  • Ayat 12-14    : Apa upah yang didapat ketika seseorang berpegang pada Taurat Tuhan?
  • Ayat 15          : Bagaimanakah Daud menutup perenungannya terhadap Taurat Tuhan?

Orang yang berpegang pada Taurat Tuhan akan mendapatkan anugerah yang mampu menolongnya di saat yang tepat. Hal tersebut diperjelas di ayat 13-14: umat Allah yang berpegang pada Taurat akan terhindar dari kesesatan, dosa dan pelanggaran, serta tipu muslihat orang jahat. Patut disadari bahwa kehidupan manusia tak pernah luput dari pelanggaran atau hal-hal yang tak pernah disadari. Segala kesalahan terkadang tidak disadari dapat mengotori diri dan membuat kita tidak layak bersekutu dengan Tuhan. Taurat Tuhan akan mengingatkan dan menegor manusia atas kesalahannya. Taurat Tuhan juga begitu berharga karena di dalamnya tersimpan janji penyertaan dan perlindungan Tuhan agar umat percaya tidak jatuh dalam dosa.

Daud menutup perenungannya terhadap Taurat Tuhan dengan kerendahan hati memohon belas kasih Allah, sebab ia yakin Allah adalah Gunung Batu dan Penebusnya (ayat 15). Daud menjadi pribadi yang yakin akan Tuhan karena ia mengimani Taurat Tuhan, mengenal Tuhan lebih sungguh dan membangun kedekatan yang erat dengan-Nya. Demikian pula yang hendaknya kita lakukan sebagai umat percaya. Firman Tuhan itu adalah anugerah supaya hidup kita berkenan kepada-Nya. Bahkan ketika kita menghadapi kondisi yang tak mengenakkan, jika kita sungguh-sungguh berpegang pada Firman Tuhan, maka pertolongan Tuhan itu datang tepat pada waktunya.  .

Refleksi
Renungkanlah: berpegang pada Firman Tuhan perlu kita lakukan setiap hari. Maukah saudara tetap berpegang pada Firman Tuhan dalam berbagai situasi kehidupan? Ingatlah, bahwa upah yang didapat ketika kita berpegang pada Firman Tuhan adalah upah yang tak dapat ditukar dengan apapun. Anugerah Allah akan menolong kita tepat pada waktunya.

Tekadku
Tuhan, ampunilah bila aku sering memberontak terhadap Firman-Mu. Berikanku hikmat dan keberanian untuk selalu taat pada perintah-Mu.

Tindakanku
Hari ini aku akan belajar untuk tetap berpegang pada Firman Tuhan. Bahkan ketika Firman Tuhan menegurku, aku akan selalu bersyukur dan akan membagikan berkat Firman Tuhan tersebut kepada keluargaku.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«