suplemenGKI.com

Markus 1:12-15

MEMPERSIAPKAN DIRI SEBELUM MELAYANI

PENGANTAR
Pelayanan yang kita lakukan sering kali tidak berjalan dengan baik bukan karena kita kurang kemampuan, melainkan karena kurang persiapan.  Kita, para pelayan gerejawi, sering menganggap remeh persiapan.  Apalagi jika kita merasa telah mempunyai banyak pengalaman.  Padahal, tanpa persiapan yang baik kita juga tidak akan dapat memberikan hasil yang terbaik dalam pelayanan kita.

PEMAHAMAN
Di perikop sebelumnya (ay. 9-11), Markus menceritakan sebuah peristiwa penting dalam kehidupan Yesus, yaitu pembaptisan-Nya.  Ketika Yesus dibaptiskan, langit terkoyak dan Roh seperti burung merpati yang turun ke atas-Nya (1:10), dan terdengar suara dari sorga: ”Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan.”  Peristiwa-peristiwa ini menegaskan kehadiran kuasa ilahi yang menyertai Yesus dan menjadi bagian dari persiapan-Nya untuk melaksanakan misi-Nya sebagai Juruselamat.

  • Ay. 12-13.  Siapa yang membawa Yesus ke padang gurun?  Apa yang terjadi dengan Yesus di sana?  Apa hubungan peristiwa ini dengan pelayanan Yesus sebagai Juruselamat manusia? (bandingkan dengan Ibrani 4:15)
  • Ay. 14.  Apa hubungan pelayanan Yesus dengan pelayanan Yohanes Pembaptis?  Bandingkan juga isi pemberitaan Yesus dengan isi pemberitaan Yohanes (1:4 dan 1:15). Dan, apa hubungan antara pelayanan Yesus dengan pelayanan para murid-Nya setelah Ia naik ke sorga (lihat Mar. 16:20)?

Selain pada waktu pembaptisan-Nya, persiapan pelayanan Yesus juga terjadi di padang gurun dan berada di antara binatang-binatang liar. Di padang gurun ini Yesus merasakan kelemahan-kelemahan seorang manusia dan juga mengalami pencobaan dari Iblis. Tantangan yang dihadapi-Nya di padang gurun sangat berat sehingga Allah mengirimkan malaikat-malaikat-Nya untuk menyertai-Nya. Namun, itu hanyalah bagian awal dari misi penebusan-Nya. Setelah persiapan ini, Yesus akan mulai memberitakan Injil, menghadapi kuasa Iblis dan para musuh lainnya, hingga mati di kayu salib.

Ayat 14 memperlihatkan hubungan pelayanan Yesus dengan Yohanes Pembaptis. Setelah Yohanes Pembaptis ditangkap, Yesuslah yang mengerjakan pemberitaan Injil di Galilea. Yohanes memang diutus untuk mempersiapkan jalan bagi pelayanan Yesus (1:2-3). Menjelang kenaikan-Nya ke sorga, Yesus mengutus para murid untuk memberitakan Injil yang telah diberitakan-Nya.  Jadi, pelayanan kita, para murid-Nya, pun sesungguhnya merupakan lanjutan dari apa yang pernah Yesus beritakan dan lakukan semasa hidup-Nya.

REFLEKSI
Pelayanan Yesus Kristus dilakukan dengan persiapan yang matang.  Bagaimana dengan pelayanan yang Anda lakukan?

TEKADKU
Ya Tuhan, aku tahu bahwa pelayanan yang aku lakukan adalah lanjutan dari karya-Mu yang agung itu. Dalam setiap kesempatan melayani, aku akan mempersiapkan diri sebaik mungkin.

TINDAKANKU
Aku akan melihat Warta Jemaat dan mendoakan orang-orang yang akan melayani di Kebaktian Minggu akhir pekan ini.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«