suplemenGKI.com

Jumat, 18 Juli 2014

17/07/2014

Bacaan  Keluaran 14: 9-25

 

Allah Pembebas Bagi Yang Tertindas

 

Pengantar
Setiap orang selalu menginginkan kebebasan, bahkan tidak ada seorang atau suatu bangsa yang rela kalau dijajah oleh orang lain atau bangsa lain. Orang atau bangsa  yang tertindas biasanya mengharapkan orang lain atau bangsa lain yang membebaskannya, karena bagi mereka yang tertindas akan mudah memahami pembebasan itu jika berasal dari sesamanya. Bagaimana kalau Sang pembebas itu bukan manusia melainkan Tuhan? Dapatkah manusia memahami pembebasan itu berasal dari Tuhan?

Pemahaman

Ayat 9-10 ,   Apa yang dirasakan bangsa Israel ketika pasukan Firaun mendekat
kepada mereka?

Ayat 11-12, Apa yang dikatakan bangsa Israel kepada Musa ketika mereka ketakutan?

Ayat 13-14, Apa yang dikatakan Musa terhadap bangsa Israel di waktu genting
tersebut?

Aya 15-20,   Apa yang dikatakan Tuhan kepada Musa dan apa yang dilakukan Tuhan
terhadap bangsa Israel tersebut?

Ayat 21-25, Hal-hal apakah yang Tuhan buat bagi bangsa Israel?

 

Bangsa Israel telah mengalami perbudakan yang cukup lama, sehingga membuat mereka berteriak minta tolong kepada Tuhan. Maka Tuhan menolong mereka melalui nabi Musa. Musa membebaskan bangsa Israel dari penjajahan bangsa Mesir atas pertolongan Tuhan. Musa mengajak keluar bangsa Israel untuk meninggalkan bangsa Mesir. Ternyata Firaun tidak membiarkan Musa membawa bangsa Israel keluar dari Mesir, Firaun mengejarnya dengan kekuatan penuh, yaitu mengerahkan pasukan berkudanya.

Ketika pasukan Firaun sudah mendekati bangsa Israel maka ketakutanlah bangsa Israel dan mereka berpikir bahwa kematian sudah mendekat. Dalam ketakutan inilah mereka justru menyalahkan Musa yang telah membebaskan dari tanah Mesir, dan yang akan membawa mereka mati di padang gurun.

Musa menasihati bangsa Israel supaya mereka jangan takut karena Tuhan yang akan melindungi mereka dan membuat musuh-musuhnya kalah. Musa mengingatkan bahwa Tuhan sendirilah yang akan berperang melawan musuh bangsa Israel, sehingga bangsa Israel akan mengalami kemenangan.

Tuhan membuktikan pertolonganNya kepada bangsa Israel antara lain : dengan tiang awan yang berada diantara bangsa Mesir dan bangsa Israel, laut Teberau yang terbelah, adanya daratan diantara laut yang terbelah,  laut Teberau yang menutup kembali, dan pasukan bangsa Mesir banyak yang mati tenggelam di tengah laut.

 

Refleksi

Renungkan beberapa hal ini? Kapan anda merasakan petolongan Tuhan yang terakhir kali? Berapa banyak dari kita bersikap yang sama seperti bangsa Israel yang sedang mengalami ketakutan?

 

Tekad
Ya Tuhan Yesus, ampuni kami kalau kami tidak tahu berterima kasih untuk pertolonganMu dalam hidupku, sering kali kami menuntut untuk terus di tolong dan di tolong tanpa bersyukur kepadaMu.

 

Tindakan
Menyadari atas pertolongan Tuhan yang banyak dalam hidup ini, maka hari ini saya akan menolong orang lain untuk meringankan tugas atau beban mereka.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«