suplemenGKI.com

Jumat, 17 Juni 2016.

16/06/2016

Bacaan : Galatia 3 : 23-29.

Thema : Mengenakan Kristus dalam kehidupan.

 

PENGANTAR.
Dalam tradisi gereja, orang yang akan di baptis biasanya berpakaian putih, bahkan ada gereja yang menetapkan memakai jubah putih. Baju/jubah putih melambangkan kehidupan baru yang akan dimasukinya. Sebagaimana para calon baptis yang mengenakan baju/jubah putih itu, demikianlah hendaknya kehidupan orang Kristen adalah hidup yang baru yang mengenakan Kristus secara penuh.

PEMAHAMAN.

  1. Mengapa orang-orang Kristen disebut anak-anak Allah karena iman di dalam Yesus Kristus ? (ayat  23-26 ).
  2. Apa makna mengenakan Kristus ? mengapa kita harus mengenakan Kristus ? bagaimana mengenakan Kristus dalam kehidupan sehari-hari ? ( ayat 27 )

Setiap orang Kristen disebut anak-anak Allah bukan karena orang Kristen baik, jujur atau memenuhi kriteria-kriteria moral yang berlaku secara umum. Orang Kristen disebut anak-anak Allah karena AnugerahNya kepada kita. Kita memang beriman kepada Kristus namun iman kita terlalu kecil dan mudah goyah, sehingga tidak bisa dipakai sebagai patokan. Anugerah Allah lah yang membuat kita menjadi anak-anak Allah. Dan sebagai anak-anak Allah kita harus mengenakan Kristus. Mengenakan Kristus berarti hidup serupa dengan Kristus dalam Karakter dan sikap.

Serupa dengan Kristus dalam karakter Kristus berarti kita dituntut untuk memiliki kerendahan hati dan kasih yang dimiliki Kristus. Itu berarti sikap sombong, congkak, mementingkan diri sendiri harus ditanggalkan dari kehidupan kita. Sedangkan serupa dengan Kristus dalam sikap Kristus berarti kita dituntut menjadi seorang hamba, memiliki mata Kristus untuk melihat dunia, memiliki hati Kristus yang penuh belas kasihan dan pengampunan. Betapa pentingnya kita menjalani kehidupan ini dengan melakukan seperti apa yang Kristus lakukan. Sehingga apa yang kita lakukan dapat menjadi berkat bagi setiap orang yang ada disekitar kita. Setiap hari kita bertambah dalam memiliki buah-buah Roh yaitu “ Kasih, Sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri” ( Gal 5: 22-23 ). Kiranya semua itu terpancar dalam kehidupan kita.

REFLEKSI
Renungkanlah : sebagai anak-anak Allah, apakah saudara memiliki karakter dan sikap Kristus ? jujurlah pada diri sendiri, apakah buah-buah Roh sudah nampak dalam kehidupan saudara ?

TEKADKU.
Ya Tuhan mampukanlah saya agar dapat mengenakan Kristus dalam kehidupan sehari-hari.

TINDAKANKU.
Mulai hari ini saya harus menjalani hidup sesuai dengan buah-buah Roh.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*